Sukses

Gabungan 4 Herbal Alami Ini Efektif Redakan Batuk

Liputan6.com, Jakarta Dexa Medica meluncurkan obat herbal yang efektif meredakan batuk. Terbuat dari empat jenis herbal asli Indonesia seperti daun Legundi, rimpang jahe, daun saga dan buah mahkota dewa, obat ini aman dikonsumsi oleh dewasa maupun anak-anak.

Seperti disampaikan Executive Director Dexa Laboratories of Biomolecular Science (DLBS) PT. Dexa Medica, Raymond Tjandrawinata, keempat bahan herbal tersebut diproses melalui teknologi modern ‘Advanced Fractionation Technology (AFT)’, untuk menghasilkan zat aktif Reconyl.

"HerbaKOF merupakan satu-satunya obat herbal yang diproses melalui teknologi Fraksinasi mutakhir, yaitu dengan proses ekstraksi untuk menemukan fraksi spesifik dari campuran ekstrak yang setara dengan simplisia 1 gram Vitex trifolia folium (Legundi), 0.25 gram Zingiber officinale rhizome (jahe gajah), 0.25 gram Abrus precatorius folium (daun saga), 0.20 gram Phaleria macrocarpa (mahkota dewa)," pada wartawan di sela-sela kunjungan ke DLBS, Cikarang, Jawa Barat, Rabu (27/1/2016). 

Menurut Raymond, saat ini ada banyak obat batuk herbal atau kimiawi di pasaran. Namun banyaknya jenis obat tersebut justru kerap membingungkan masyarakat dalam menemukan obat batuk yang sesuai dengan kondisinya. Satu sisi, obat batuk kimiawi cenderung memiliki efek
samping seperti mengantuk, jantung berdebar. Di sisi lain, obat herbal biasanya memiliki rasa pahit, bau menusuk dan bekerja lambat.

"HerbaKOF yang telah diteliti khasiat dan keamanan melalui uji Toksikologi, menjadikan HerbaKOF aman, mampu bekerja cepat (rapid action). Survei dan riset membuktikan bahwa HerbaKOF memiliki kecepatan reaksi rata-rata 12.4 menit dan dengan durasi manfaat
bertahan dalam tubuh rata-rata 3 jam 5 menit 24 detik," ujarnya.

Menurut penelitian DLBS, Legundi bermanfaat untuk saluran pernapasan, terutama untuk pengobatan batuk dan asma. Mengandung komponen flavonoid yaitu castisin yang berperan penting dalam terapi batuk. Khasiat lainnya juga yaitu antibakteri, antijamur, analgesik dan antipiretik.

Sedangkan jahe mengandung essential oil yang bermanfaat melancarkan metabolisme tubuh, memberikan rasa hangat dan melegakan tenggorokan, sehingga baik untuk obat batuk. Khasiat spesial lainnya yaitu juga meredakan batuk kering.

Kemudian daun saga memiliki berbagai efek terapi seperti antibakteri, antijamur, antitumor, analgesik, anti-inflamasi, antikejang, dan
antidiabetes. Manfaat daun saga juga termasuk untuk penyembuhan luka dan radang pada tenggorokan. Senyawa kimia dalam tanaman saga memiliki efek antitussive atau meredakan batuk kering.

Dan mahkota dewa mengandung saponin dan polifenol yang bermanfaat sebagai anti virus dan anti bakteri, meningkatkan sistem imun, antihistamin dan antialergi sehingga sangat baik dalam penyembuhan batuk pilek. Efek anti-inflamasi tersebut sangat bermanfaat untuk mengatasi radang tenggorokan.