Sukses

5 Bahan Alami untuk Atasi Batuk Kering

Batuk terus-menerus adalah cara tubuh membersihkan saluran udara dengan memaksa keluar zat berbahaya dan benda asing.

Liputan6.com, Jakarta Ketika batuk, tak sedikit orang berpikir obat batuk sirup yang tersedia di toko obat umum akan mengobatinya. Namun, akan lebih baik bila menggunakan bahan alami di rumah sebelum Anda berkonsultasi dengan dokter.

Seperti disampaikan pakar kesehatan, Dr Parul R Sheth, batuk kering bisa terus-menerus dan berulang. Ini adalah cara tubuh membersihkan saluran udara dengan memaksa keluar zat-zat berbahaya dan benda asing.

"Merokok, menghirup partikel asing seperti debu dan bahan kimia pembersih rumah, perubahan iklim dan polusi bisa juga memicu batuk kering. Suhu dingin atau lembap juga dapat meningkatkan batuk. Penyebab lainnya bronkhitis akut, asma, masalah paru-paru, infeksi virus dan radang tenggorokan," katanya, seperti diberitakan Times of India, Rabu (12/8/2015).

Masalah lain yang perlu Anda perhatikan, batuk kering ini tidak memiliki produksi sputum atau dahak jadi seolah-olah ada sesuatu yang terjebak di tenggorokan. Akhirnya Anda bisa mengalami infeksi laring dan berujung pada sakit tenggorokan dan kesulitan bernafas.

Bahan obat batuk seperti ekspektoran, dekongestan atau antihistamin mungkin dapat menenangkan batuk. Tapi ada beberapa cara rumahan yang mungkin dapat membantu, seperti:

- Minum air. Minum sepanjang hari dapat mengurangi kekeringan tenggorokan.

- Inhalasi. Alat penguap dapat membantu merangsang lendir

- Peppermint dan madu dapat membantu meringankan batuk

- Teh hijau panas dapat menenangkan tenggorokan dan melepaskan lendir.

- Aromaterapi

- Stop merokok dan menghindari alergen seperti serbuk sari, asap rokok
dan bahan kimia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini