Sukses

5 Makanan yang Dapat Membuat Kulit Berkilau

Kulit sehat dan berkilau juga bisa didapat dengan memerhatikan asupan makanan.

Liputan6.com, Jakarta Selain rajin merawat dan membersihkan wajah, kulit sehat dan berkilau juga bisa didapat dengan memerhatikan asupan makanan. Makanan kaya serat, vitamin, dan antioksidan mampu menjaga tubuh tetap sehat dan berkilau.

Dilansir dari laman Times Of India, Minggu (10/1/2016) berikut 5 makanan yang dapat membuat kulit Anda berkilau:

1. Beri: Buah beri seperti stroberi, blueberi, dan ceri dipenuhi dengan antioksidan dan dapat membantu mencegah timbulnya noda pada kulit. Zat antioksidannya dapat membantu kulit Anda melawan penuaan prematur dan jerawat. Tambahkan buah beri ini pada salad Anda dan nikmati hasilnya.

2. Bayam: Sementara tokoh kartun Popeye menjadi kekar ketika memakan bayam, bagaimana jika Anda mendapatkan kulit menjadi berkilau dengan mengkonsumsi bayam? Dipenuhi dengan antioksidan, bayam bisa membantu mengurangi kerutan dan mengencangkan jaringan kulit Anda yang akhirnya memberikan Anda kulit yang cerah dan berkilau. 

3. Tomat: Tomat atau makanan lain berbahan dasar tomat bisa membantu Anda mengatasi jerawat. Tomat kaya akan antioksidan yang bernama lycopene yang memiliki zat anti penuaan dan bisa bertindak sebagai pencegah sinar matahari dari dalam tubuh.  Antioksidan pada tomat juga bisa membantu melawan radikal bebas yang timbul akibat terkena sinar matahari. Kulit Anda membutuhkan dorongan dari dalam agar tampak segar dan berkilau. Dan karena tomat mempunyai asam alami, bulirnya membantu mengencangkan pori-pori dan mencegah timbulnya jerawat.

4. Makanan laut: Pola makan dengan menu makanan laut dan ikan akan membantu untuk memperlambat kerutan. Asam omega-3 yang terdapat pada ikan dan makanan laut lainnya membantu memperlambat proses pengeriputan. Zat tersebut juga dapat meningkatkan tingkat acetylcholine, sebuah sinyal syaraf yang membuat kontraksi dan mengencangkan otot di bawah kulit Anda, menjaga wajah Anda agar tetap kencang. Lebih lanjut, asam lemak omega-3 yang ditemukan pada ikan dan makanan laut memiliki keuntungan menjaga mood Anda, yang membantu mengatasi stres Anda yang dapat mengakibatkan jerawat.

5. Kenari: Salah satu dari banyak manfaat kacang kenari  selain membuat jantung sehat, juga membuat kulit lebih halus, rambut lebih sehat, juga tulang yang kuat. Kenari mengandung asam lemak omega-3 dan vitamin E, yang akan membuat kulit Anda berkilau.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.