Sukses

5 Makanan agar Kulit Bebas Kusam

Jangan hanya andalkan produk perawatan kulit agar lebih bercahaya, tapi juga lewat asupan makanan sehat berikut.

Liputan6.com, London - Selain perawatan dari luar, konsumsi makanan tertentu ternyata bisa membantu kulit sehat. Hal ini disebabkan makanan berikut kaya vitamin dan mineral yang membantu meningkatkan produksi kolagen pada kulit sehingga mencegah keriput datang lebih cepat dan mempercepat penyembuhan luka.

Disampaikan ahli antiaging dan nutrisi fitnes Rik Hay, berikut daftar makanan yang untuk kulit bercahaya seperti dikutip laman Huffington Post, Rabu (30/9/2015).

1. Zaitun dan minyak zaitun

Minyak zaitun dapat meningkatkan hormon adiponectin yang bertugas memecah lemak dalam tubuh. Untuk mendapatkan manfaatnya, gunakan minyak zaitun sebagai tambahan saat membuat salad atau sebagai pengganti minyak sayur. (huffingtonpost.com)
Keduanya tinggi asam lemak Omega-3 yang baik untuk kulit, rambut dan kuku. Serta meningkatkan sirkulasi darah dan lembapkan kulit. Lemak sehat ini juga membantu mengurangi iritasi kulit dan kemerahan.

Buah zaitun sendiri mengandung senyawa fenolik seperti oleocanthal sebagai sumber antioksidan tinggi. Lalu, penelitian dari Deakin University's School of Exercise and Nutrition Sciences, Australia tunjukkan kandungan oleocanthal memiliki sifat antiperadangan yang membantu meredakan kulit iritasi dan kemerahan.

2. Semangka
Buah kaya air yang satu ini kaya Vitamin C yang meningkatkan produksi kolagen dan membantu penyembuhan luka. Anda juga bisa mendapatkan manfaat sirkulasai darah meningkat sehingga kulit lebih bersinar karena ada kandungan likopen karotenoid di dalam buah khas tropis ini.

Selain untuk kulit, kandungan likopen dan karoten bisa meningkatkan daya tahan tubuh serta mengurangi risiko terkena penyakit kardiovaskular.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Buah delima

3. Buah delima

Buah delima (Foto: www.thefruitcompany.com)
Buah yang satu ini memang tak terlalu mudah ditemukan di pasar tapi biasanya ada di supermarket. Mengonsumsi biji buah delima tak hanya timbulkan sensasi segar tapi juga membuat membantu tubuh tangkis radikal bebas yang dapat merusak kulit.

Selain itu, studi yang dipublikasikan Jurnal Evidence-Based Complementary and Alternative Medicine, kulit delima mampu bantu tingkatkan penyembuhan luka.

Buah yang satu ini juga kaya serat, hal ini membantu tubuh untuk mengeluarkan racun termasuk dari kulit.

4. Bayam
Sayuran yang satu ini mudah sekali didapatkan dan masyrakat kita biasa mengolahnya menjadi olahan sayur yang nikmat. Bayam mampu meningkatkan elastisitas kulit karena kandungan beta karoten dan lutein seperti diungkapkan dalam Journal of Skin Pharmacology dan Physiology.


5. Blueberi, Rasberi, Blackberi

Para peneliti mendapati bahwa ekstrak bluberry bisa mencegah timbulnya plak pada gigi dan mengobati penyakit gusi.
Meski jarang kita dapatkan, tapi bolehlah sesekali kita mengonsumsinya. Buah ini sangat kaya antioksidan dan gizi hebat lainnya. Sehingga mampu meningkatkan daya tahan tubuh yang ampuh memperbaiki masalah kulit seperti merah dan kering.

Kesehatan jantung pun bisa terjaga bila rutin mengonsumsi buah ini seperti disampaikan dalam The American Journal of Clinical Nutrition.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.