Sukses

Ini Keunggulan Sel Punca dari Tali Pusat

Dahulu tali pusat merupakan limbah.

Liputan6.com, Jakarta Selain dari lemak dan sumsum tulang belakang, sumber stem cell atau sel punca bisa diperoleh dari tali pusat saat bayi lahir. Dibandingkan sumber lain, ternyata sel punca dari tali pusat memiliki beberapa keunggulan.

"Dahulu tali pusat merupakan limbah, namun setelah dipelajari di dalam darahnya mengandung stem cell, pada matriks juga terdapat stem cell," tutur peneliti dari Stem Cell and Cancer Institute (SCI), Yuyus Kusnaedi, Ph.D. 

Kualitas sel punca pun lebih baik, dalam hal ini Yuyus menganalogikan usia sel punca. Jika sel punca tali pusat ini berasal dari bayi berumur nol hari jika dilihat dari kelahiran. Sementara, sel punca yang berasal dari lemak atau sumsum tulang belakang tergantung pada usia seseorang kapan diambil. 

"Data pun mengungkapkan jika sel punca bersumber dari talu pusat itu lebih bagus dibandingkan dari lemak atau darah," tambahnya saat berada di kantor SCI pada Rabu (6/1/2015).

Faktor lainnya adalah mengenai kemudahan diambilnya sel punca karena pasti di setiap persalinan akan ada tali pusat, tanpa perlu susah-susah untuk operasi.

Berdasarkan faktor kemudahan pengambilan dan kemungkinan kualitas sel punca nomor satu, itulah alasan penelitian dilakukan pada tali pusat seperti dituturkan Yuyus.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini