Sukses

Hati-hati, Gaya Hidup Pengaruhi Risiko Terserang Hepatitis C

Penyakit hepatitis sangat beragam dan berbeda faktor juga pencegahannya. Dengan menunjang pola hidup sehat maka tubuh tidak mudah terserang

Liputan6.com, Jakarta Penyakit Hepatitis bisa terjadi karena kecerobohan manusia sendiri dalam menjalani gaya hidupnya, di mana pengkonsumsian makanan, minuman, dan obat-obatan menjadi faktor dari berkembangnya virus tersebut dalam tubuh.

Namun banyak pula orang yang terjangkit Hepatitis lantaran tertular, seperti berbagi jarum suntik atau jarum tato.

Jika membayangkan cara atau jalan penularan Hepatitis melalui kontak darah, kemungkinan penggunaan alat tajam seperti jarum, pisau, gunting, pemotong kuku dan lain sebagainya yang dapat melukai tubuh seseoranglah penyebabnya.

Data menunjukkan jarum suntik bagi pecandu narkoba zaman sekarang menjadi sarana pembawa atau penular virus Hepatitis C yang berpotensi besar dibandingkan alat tajam lainnya,seperti dikutip dari buku Hepatitis Seluk Beluk & Penanggulangannya, Senin (4/1/2016).

Faktor alat yang digunakan untuk menata rambut, atau bahkan alat tindik anggota tubuh tak akan berdampak serius selama alat yang digunakan benar-benar steril, tidak ada secuil bekas darah dari orang berpenyakit Hepatitis C dapat menulari orang-orang lainnya yang menggunakan alat yang sama.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.