Sukses

3 Penyebab Tubuh Tiba-tiba Memar

Memar yang muncul secara tiba-tiba pada tubuh merupakan tanda bahwa ada sesuatu yang terjadi di tubuh Anda.

Liputan6.com, Jakarta Hampir semua orang tentu pernah mengalami memar di hidup mereka. Memar pada tubuh sering terjadi karena benturan oleh sesuatu atau pukulan. Namun, pernahkah tiba-tiba saja muncul memar di tubuh dan ketika disentuh memar tersebut tidak terasa sakit seperti ketika Anda mengalami memar pada umumnya?

Memar yang muncul secara tiba-tiba pada tubuh merupakan tanda bahwa ada sesuatu yang terjadi di tubuh Anda. Apa sajakah itu? Berikut beberapa penyebabnya seperti yang dilansir oleh laman Toptenz, Senin (14/12/2015).

Penyakit

Ada beberapa penyakit yang dapat menyebabkan munculnya memar secara tiba-tiba di tubuh Anda. Salah satunya adalah diabetes. Memar yang muncul merupakan gejala awal karena pembuluh darah yang melemah dan menyebabkan perdarahan kapiler internal. Memar juga bisa dipicu kelainan darah atau hermofilia. Anda sebaiknya waspada karena hermofilia bisa menjadi indikasi kanker darah.

Selanjutnya ada pula purpura dermatosis, di mana terjadi kesalahan pada kondisi kulit dan mengakibatkan darah keluar dari kapiler. Pada beberapa kasus, memar yang ditimbulkan penyakit ini akan menimbulkan rasa gatal.

Faktor fisik

Tidak bisa dipungkiri bahwa semakin tua, tubuh pun menjadi semakin lemah. Saat Anda mencapai umur 60 tahun atau lebih, produksi kolagen dan lapisan lemak yang melindungi kulit menurun sehingga Anda lebih mudah mendapatkan memar. Memar oleh faktor fisik juga bisa disebabkan oleh terlalu beratnya aktivitas olahraga yang dilakukan sehingga pembuluh darah pecah karena otot yang terlalu tegang.

Konsumsi obat

Obat-obat yang Anda konsumsi juga bisa menjadi penyebab munculnya memar secara tiba-tiba di kulit. Obat yang dapat memicu munculnya memar antara lain adalah aspirin, kontrasepsi, dan steroid. Selain itu, kekurangan vitamin C juga dapat menjadi penyebab munculnya memar karena pembuluh darah kecil pecah. Untuk mengatasinya anda dapat mengkonsumsi suplemen dan memastikan kebutuhan vitamin C anda setiap harinya sudah terpenuhi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini