Sukses

Studi: Pria Takut Kencani Wanita Pintar

Ide-ide menarik yang keluar dari wanita cerdas seringkali membuat pria kagum. Tapi hal ini tidak seperti realita yang ada.

Liputan6.com, Jakarta Wanita masa kini tampil tak hanya sekedar cantik tapi juga cerdas. Hal ini menandakan jika wanita masa kini mulai sadar akan pentingnya pendidikan untuk mengembangkan dirinya. Namun sayangnya, hal ini membuat sebagian pria takut untuk mendekati wanita cerdas.

Ide-ide menarik yang keluar dari wanita cerdas seringkali membuat pria kagum. Tapi hal ini tidak seperti realita yang ada.

Menurut sebuah penelitian Personality and Social Psychology Bulletin, pria menemukan ketakutan yang besar ketika kencan dengan seorang wanita cerdas.

Ada 105 responden pria. Penilaian studi akan dilakukan dengan dua tahapan. Tahapan pertama para pria diberikan skenario hipotesis yang melibatkan seorang wanita cerdas dengan keahlian matematika dan bahasa inggris. Selanjutnya mereka diminta untuk membayangkan hal-hal romatis pada wanita tersebut.

Hasilnya, 83 persen pria menyatakan mundur untuk menjadikan wanita cerdas menjadi pasangan hidup. Ketika interaksi dengan bertatap muka, pria menemukan jika wanita pintar terlihat menarik sampai titik tertentu, namun sekali kecerdasan itu melampaui si pria, bunga-bunga romantis itu akan langsung berkurang.

Tahapan kedua, para pria ditanya tentang pendapatnya mengenai apakah mereka akan berkencan dengan wanita cerdas di kehidupan nyata. Secara spontan mereka langsung menjawab "tentu saja tidak".

Melansir Independent, ditulis 11/12/2015, dapat disimpulkan jika pria takut jika berasa dibawah level wanira. Mereka merasa terancam jika wanita berada di atas levelnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.