Sukses

Pria Pilih Kencan dengan Wanita Pintar atau Biasa Saja?

Sebagian besar pria enggan berkomitmen dengan wanita yang lebih pintar darinya.

Liputan6.com, New York- Siapa yang tak ingin memiliki pasangan pintar? Tentu sebagian besar pria dan wanita menginginkan hal tersebut. Tapi sebuah studi mengungkap, sebagian besar pria enggan berkomitmen dengan wanita yang lebih pintar darinya.

Sebanyak 86 persen dari 105 pria yang terlibat dalam penelitian ini mengungkapkan mereka menyukai wanita pintar tapi mereka tidak ingin berkomitmen dengan wanita yang kepintarannya melebihi dirinya.

Hal ini diketahui lewat dua ronde pertanyaan. Pada ronde pertama para pria ditanyai mengenai wanita seperti apa yang mereka sukai. Para kaum ada menjawab mereka suka wanita pintar.

Namun ketika pada ronde kedua ketika pria diberi pilihan wanita pintar sebagai teman kencan mereka. Ternyata mereka menolak seperti dikutip dari laman Women's Health, Jumat (23/10/2015).

"Ketika pria dihadapkan dengan skenario kehidupan nyata, pria cenderung tak terlalu memiliki keinginan untuk kencan dengan wanita pintar," tulis peneliti dalam studi yang dipublikasikan dalam Personality and Social Psychology Bulletin.

Menurut peneliti, ketika pria dihadapakan dengan teman kencan yang lebih pintar dari dirinya secara psikologis membuat dirinya terancam. Maskulinitas mereka berkurang, sehingga mengurangi rasa dan keinginan untuk berinteraksi dalam hal romantisme dengan wanita seperti ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.