Sukses

4 Kebiasaan yang Merusak Bibir

Ada beberapa kebiasaan kita yang tanpa disadari atau mungkin karena kurang pengetahuan membuat bibir jadi rusak.

Liputan6.com, Jakarta Meski ukurannya kecil, bukan berarti bibir tak diperhatikan. Sayangnya ada beberapa kebiasaan kita yang tanpa disadari atau mungkin karena kurang pengetahuan membuat bibir jadi rusak.

Hindari beberapa hal berikut yang dapat membuat bibir menawan Anda jadi rusak seperti dikutip dari laman Women's Health, Selasa (8/12/2015).

1. Lupa minum

Bibir kering bisa menjadi tanda bahwa tubuh kekurangan air. Oleh karena itu penting sekali untuk minum air putih paling tidak delapan gelas sehari. Bisa juga tambahkan dengan asupan lain tinggi air seperti teh, air kelapa, buah dan sayur.

Yang perlu diperhatikan, jumlah konsumsi cairan berbeda-beda pada setiap manusia. Namun jika urine berwarna kuning terang, itu tandanya tubuh sudah terhidrasi.

2. Lupa gunakan lip balm

Penggunaan pelembap bibir atau lip balm berperan penting untuk menjaga bibir tetap lembap. Lalu lebih baik pilih tanpa menthol atau camphor yang malah bisa membuat kulit bibir makin kering.

3. Mengelupasi kulit bibir yang kering

Saking gemasnya dengan kulit bibir yang mengelupas, kita sering tidak sadar untuk mengambilnya. Padahal hal ini rentan membuat bibir jadi terluka. Cara aman untuk mengelupasinya adalah dengan mengoleskan pelembap bibir atau facial oil, biarkan beberapa saat baru kemudian disikat menggunakan sikat gigi berbulu halus.

4. Lipstik tak mengandung SPF

Jangan sekedar membeli lisptik maupun lipbalm hanya berdasarkan warna maupun aromanya. Salah satu hal yang perlu diperhatikan kandungan SPF untuk menjaga bibir dari sinar matahari. Pilih kosmetika bibir yang mengandung SPF 15 dalam aktivitas sehari-hari dan SPF 30 jika sedang di pantai. (*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.