Sukses

Bila Anda Mau Makan, Coba Ingat 5 Hal Ini

Seberapa besar dari kita benar-benar melihat makanan sebagai kebutuhan terpenting dalam kehidupan?

Liputan6.com, Jakarta Makanan merupakan kebutuhan dasar bagi manusia. Makanan, terdiri dari sejumlah nutrisi yang bila dikonsumsi dalam jumlah cukup dapat memenuhi kebutuhan tubuh yang berguna bagi pertumbuhan, perbaikan, reproduksi, dan ekskresi bagi manusia.

Namun, seberapa besar dari kita benar-benar melihat makanan sebagai kebutuhan terpenting dalam kehidupan? Berikut sejumlah fakta terkait hal tersebut, seperti dikutip Health Me Up, Senin (3/11/2014)

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1



1. Sebaiknya tidak berlebihan

Makanan akan bermanfaat di dalam tubuh bila dikonsumsi dalam jumlah cukup. Sayang, kebanyakan dari kita justru kerap berlebihan dalam mengonsumsi sejumlah makanan yang diperlukan tubuh. Bila sudah seperti ini, bukan manfaat yang didapat melainkan kenaikan berat badan yang terjadi.

3 dari 4 halaman

2



2. Jangan gunakan untuk memuaskan emosi

Orang kerap mengonsumsi sejumlah makanan untuk memuaskan emosi, bukan di saat benar-benar lapar. 

3. Makanan sembarangan, karena sudah olahraga


Tidak sedikit yang beranggapan bahwa makanan apa saja tidak jadi masalah, asal setelah itu berolahraga dengan benar. Padahal, untuk membuat tubuh senantiasa sehat, olahraga saja tidak cukup, bila masih saja mengonsumsi makanan yang tidak sehat.

4 dari 4 halaman

4



4. Makanlah dengan penuh kesadaran

Masukan makanan ke dalam mulut, dan kunyalah secara perlahan serta nikmati setiap gigitannya. Jika Anda menikmati rasa, kemungkinan besar untuk makanan berlebihan tidak akan terjadi.

5. Nikmati apa yang dimakan


Jauhkan pikiran negatif atas setiap makanan yang masuk ke dalam tubuh. Sebab, berpikiran negatif seperti itu akan menghambat proses pencernaan dan memengaruhi asimilasi nutrisi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini