Sukses

Awas, Keyboard Virtual Bikin Anda Sakit Bahu

Terlalu sering mengetik dengan keyboard virtual dapat mengakibatkan sakit bahu.

Liputan6.com, Jakarta Sebuah penelitian dari Applied Ergonomics berkesimpulan bahwa terlalu sering mengetik pada keyboard virtual seperti komputer tablet dapat menyebabkan sakit bahu.

Seperti yang dilansir dari The Wall Street Journal pada Rabu (29/10/2014), layar sentuh dapat membebani bahu dalam waktu lama karena para pengguna layar sentuh tidak bisa membiarkan jari-jarinya tetap pada papan virtual agar tidak salah ketik.

para peneliti dari Northern Illinois University mengambil sampel 10 laki-laki dan 9 perempuan. Dalam percobaannya, sampel tersebut diuji untuk mengetik selama 5 menit, masing-masing pada keyboard biasa dan keyboard virtual.

Hasilnya, walaupun aktivitas otot lengan lebih lambat ketika mengetik di keyboard virtual, tetapi otot bagian punggung yang menyokong bahu mengalami tekanan yang lebih besar.

Walaupun tidak terlalu jauh, tetapi dalam jangka panjang perbedaannya akan terasa juga dengan mulai sakitnya otot bahu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.