Sukses

5 Tips Agar Terhindar dari Sakit Punggung

Posisi tidur yang salah, stres, gelisah, dan gaya hidup memainkan peran penting terjadinya kondisi ini.

Liputan6.com, Jakarta Sakit punggung adalah keluhan paling umum yang dialami individu dari segala usia. Postur tubuh yang buruk, posisi tidur yang salah, stres, gelisah, dan gaya hidup memainkan peran penting terjadinya kondisi ini.

Pasien dengan sakit di bagian punggung, sering mengeluh bahwa mereka tidak pernah bisa mengetahui posisi tidur yang tepat. Maka itu, Konsultan Senior Ortopedi dan Joint Replacement Surgeon, Indraprastha Apollo Hospital, Dr Rajeev K Sharma, memberikan saran dan tips yang dapat Anda lakukan.

Berikut saran dan tips tersebut, seperti dikutip Health Me Up, Senin (14/7/2014)

1. Gunakan tempat tidur yang nyaman
2. Menjaga tulang bagian belakang Anda tetap lurus selama beristirahat.
3. Jangan gunakan bantal terlalu tebal, karena cenderung untuk menempatkan leher Anda pada posisi yang terlalu tinggi dari tubuh. Itu berarti, tulang belakang tidak lurus. Akibatnya, memberikan tekanan pada saraf di sekitar leher.
4. Selama berbaring, usahakan tulang belakang, bahu, kepala, lengan, dan kaki harus berada selaras.
5. Hindari menonton televisi dan membaca buku dalam keadaan berbaring. Ini menyebabkan terjadinya pengambilan jarak dari belakang, dan dapat mengakibatkan rasa sakit.


* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini