Sukses

Obat Bisul Sederhana Gaya Rumahan

Kompres hangat adalah obat manjur untuk mengatasi bisul.

Liputan6.com, Jakarta Menyembuhkan bisul tidak harus dengan perawatan medis yang modern. Selain karena biaya yang lebih besar, bisul sebenarnya juga dapat disembuhkan dengan obat bisul rumahan.

Dilansir dari NHS pada Jumat (24/10/2014), obat bisul yang cukup manjur adalah kain penyeka muka hangat. Cobalah untuk mengelap bisul Anda dengan kain hangat selama sekitar 10 menit sebanyak 3-4 kali sehari.

Menyeka bisul dengan kain hangat berfungsi untuk meningkatkan jumlah sirkulasi darah di sekitar bisul.

Jika bisul pecah, tutupi lukanya dengan kain kasa steril untuk mencegah penyebaran infeksi. Kemudian, cuci tangan dengan menggunakan air hangat hingga bersih.

Jangan pernah mencoba untuk memecahkan bisul yang terlihat cukup besar dengan tangan Anda sendiri karena akan berpotensi menyebabkan infeksi.

Jika sudah memiliki bisul yang cukup besar yang terasa lembut dan kenyal, maka sebaiknya Anda pergi ke dokter.

Dokter akan melakukan prosedur medis tertentu untuk membuang bisul. Sebelum itu, biasanya dokter akan memberikan bius lokal agar tidak sakit.

Selain diseka dengan kain hangat, cara lainnya adalah mengoleskan bisul dengan salep. Tetapi, penggunaan salep ini akan efektif untuk bisul yang baru tumbuh. Tujuannya, agar bisul cepat matang dan permukaan menjadi kendur. Cara ini dapat dikombinasikan dengan mengelap bisul seperti di atas. 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini