Sukses

5 Jenis Tanaman Obat Herbal yang Cocok di Pekarangan Rumah

Jenis tanaman obat herbal yang cocok ada di pekarangan rumah Anda

Liputan6.com, Jakarta Obat herbal merupakan salah satu alternatif pengobatan saat ini. Dengan harganya yang relatif lebih murah dari obat-obatan biasa dan efek sampingnya yang lebih rendah, obat herbal semakin banyak diminati.

Nah, bagaimana kalau pekarangan rumah Anda ditanami tanaman herbal? Pasti menarik sekaligus menjadikan keluarga Anda selalu sehat. Berikut 5 jenis tanaman herbal yang dapat di tanam di pekarangan rumah seperti dilansir The Self Sufficient Living, Kamis (9/10/2014).

1. Aloe Vera

Tanaman aloe vera atau lidah buaya hanya membutuhkan tanah yang lembab dan cahaya matahari yang cukup untuk dapat tumbuh. Diantara manfaat dari tanaman ini adalah dapat menyembuhkan luka bakar dan luka-luka luar lainnya.

2. Marigold

Iklim Indonesia sangat mendukung tumbuhnya tanaman ini. Tanaman yang mirip bunga matahari ini memiliki manfaat untuk mengobati gigitan serangga, sakit mata, hingga demam.

3. Ubi Tiongkok

Selain enak dimakan saat hangat, ubi juga berguna untuk mengobati batuk kering, pencernaan yang buruk, diabetes, hingga sengatan ular dan kalajengking.

4. Lemon

Daun lemon memiliki bau mint yang khas. Manfaat daun lemon diantaranya adalah untuk mengobati gigitan nyamuk, luka dan herpes. Cara pengobatannya sendiri adalah dengan digosok-gosokkan pada kulit.

5. Kemangi

Selama ini daun kemangi hanya digunakan untuk lalapan saja. Tapi tahukan Anda kalau sebenarnya daun kemangi memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan. Diantaranya adalah untuk menyembuhkan perut kembung dan kurang nafsu makan.

Bagaimana, tertarik untuk menanam tanaman herbal ini? Siapa tahu, selain sehat Anda juga dapat berbisnis obat herbal dari sini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini