Sukses

Yang Bikin Langsing itu Diet, Bukan Olahraga

Sebenarnya tidak ada olahraga yang membuat langsing tubuh, cara menurunkan berat badan 100 persen hanyalah diet.

Liputan6.com, Jakarta Punya bentuk tubuh ideal siapa yang tidak mau. Namun banyak yang beranggapan bahwa jenis olahraga tertentu dapat menurunkan berat badan menjadi lebih ideal atau langsing. Padahal tidak ada olahraga yang membuat tubuh langsing, cara menurunkan berat badan 100 persen hanyalah diet.

Begitu disampaikan spesialis olahraga dari RS Royal Progress, dr.Zaini K. Saragih, SpKO. Menurutnya, tidak ada olahraga yang bisa membantu menurunkan berat badan atau langsung bikin langsing. Peran olahraga hanya mengubah komposisi yang sebelumnya tidak dibutuhkan oleh tubuh menjadi lebih ideal.

"Olahraga membuat komposisi tubuh menjadi pas. Misalnya tadinya komposisi lemaknya banyak daipada otot, maka ketika ia berlatih olahraga yang benar, lemaknya akan berkurang dan ototnya bertambah. Makanya tidak ada olahraga yang bikin kurus. Kalau olahraganya benar, ia justru bisa makin gemuk," jelasnya.

Maka itu, lanjut Zaini, ada aturan dalam berolahraga. Misalnya tujuan seseorang ingin menurunkan berat badan atau bikin langsing. Sambil diet, berarti ia tidak boleh berhenti olahraga dan menjadikan olahraga aktivitas rutin.

"Kalau olahraga terus berhenti dalam waktu lama, akan membuat komposisi tubuh berubah. Kalau tidak, ia harus mengulang latihan dari awal," jelasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.