Sukses

Rahasia Usia 100 Tahun Suku Humza

Masyarakat Suku Humza yang ada di Nepal menjadi inspirasi bagi Adrian untuk terus menjalani pola hidup sehat.

Liputan6.com, Jakarta Masyarakat Suku Humza yang ada di Nepal menjadi inspirasi bagi Adrian Maulana untuk terus menjalani pola hidup sehat. Menurut Adrian, Suku Humza memiliki usia harapan hidup melebihi masyarakat Indonesia yang hanya 72 tahun.

"Di sana 100 tahun adalah usia rata-rata orang biasa. Sedangkan di sini hanya 72 tahun. Kalau kita meninggal di usia 60 tahun, kita meninggal di bawah usia orang normal. Kalau lebih dari 72 tahun itu adalah bonus," kata Adrian kepada Health-Liputan6.com , ditulis Senin (29/9/2014)

Tapi, lanjut Adrian, alangka bahagianya bila kita dapat hidup selama 100 tahun dalam keadaan sehat, dan tidak merepotkan siapa pun.

Menurut Adrian lagi, rahasia panjang umur masyarakat Suku Humza adalah tinggal dan hidup di dataran tinggi (pegunungan), bercocok tanam, jauh dari gedung-gedung bertingkat dan jauh pula dari polusi udara. Itulah pola hidup sehat. 

"Tapi, saya kan tidak mungkin meninggalkan pekerjaan, anak, dan istri saya untuk memilih tinggal seperti itu. Saya juga tidak dapat berharap polusi di Jakarta hilang begitu saja. Maka itu, yang bisa saya lakukan adalah mengonsumsi makanan yang sederhana prosesnya," kata Adrian.

Sebab, masyarakat Suku Humza yang hidup dari bercocok tanam, hanya mengonsumsi nabati yang berasal dari sayuran saja, dan tidak mengonsumsi daging merah. Kalau pun daging, mereka lebih memilih untuk menyantap daging putih yang berasal dari ikan.

"Itulah yang saya terapkan saat ini. Selama ini saya tidak pernah makan daging merah. Andai kata saya makan, karena terpaksa," kata Adrian.

"Saya lebih mengutamakan sayur dan buah-buahan, atau kalau butuh daging, ya hanya daging putih dari ikan saja, saja mencoba menjalankan pola hidup sehat" kata Adrian menekan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini