Sukses

Makanan Pedas Cegah Kepikunan Akut

Liputan6.com, Jakarta Pikun akut dapat dicegah dengan mengonsumsi makanan pedas berbahan dasar kari. Penelitian menunjukan, senyawa di dalam bahan dasar kari seperti kunyit, memegang peranan penting untuk memperbaiki otak pasien dengan penyakit pikun akut (Alzheimer).

Dr Adele Rueger, menjelaskan, sejumlah senyawa di dalam kunyit telah digambarkan mampu mendorong perkembangbiakan sel punca di otak. Selain itu, tambahan sedikit obat dapat meningkatkan diferensiasi sel induk menjadi neuron yang merupakan tujuan utama dalam pengobatan regeneratif terhadap penyakit ini.

Jelas, ini dapat membantu para ilmuwan untuk mengembangkan lebih sempurna lagi pengobatan untuk suatu kondisi di mana sel-sel otak mulai menghilang, seperti Alzheimer dan stroke.

Seperti dikutip dari Daily Mail, Jumat (26/9/2014), Adele yang merupakan Peneliti Utama dari Institute of Neuroscience and Medicine di Julich, Jerman, mengatakan, dalam penelitian terhadap efek dari aroma turmerone pada sel induk netral endogen (NSC) yang ditemukan dalam otak orang dewasa, terus berkembang menjadi neuron dan berperan penting dalam pemulihan dari penyakit neurodegeneratif ini.

Pada konsentrasi tertentu, lanjut Adele, senyawa kunyit mampu mendorong perkembangbiakan NSC pada janin tikus hingga 80 persen. Pada tikus hidup, suntikan aroma turmerone menyebabkan perluasan dua wilayah otak utama, zona subventricular (SVZ) dan hippocampus.

Ternyata, di dua lokasi yang berada pada otak mamalia dewasa tersebut terjadi pertumbuhan neuron baru.

Temuan ini telah terkait dengan pikun akut dan makanan pedas berbahan dasar kari ini telah dipublikasikan di dalam jurnal online Stem Cell Research and Therapy.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.