Sukses

Kurang Vitamin D Berisiko Alzheimer

Kekurangan vitamin D bagi dewasa tua ternyata tidak hanya mempengaruhi kesehatan tulang.

Liputan6.com, Jakarta Kekurangan vitamin D bagi dewasa tua ternyata tidak hanya mempengaruhi kesehatan tulang. Dalam sebuah penelitian yang dilakukan di Amerika, kekurangan vitamin D juga meningkatkan risiko demesia dan Alzheimer.

Tim peneliti yang menghabiskan waktu selama enam tahun menemukan, 1.658 orang berusia 65 tahun atau lebih tua yang kekurangan vitamin D berisiko 53 persen mengembangkan bentuk demensia dan alzheimer. Kondisi ini akan diperburuk jika orang tua tersebut mengalami kekurangan berat badan.

"Uji klinis sekarang diperlukan untuk menentukan apakah mengonsumsi makanan seperti ikan atau mengonsumsi suplemen vitamin D dapat menunda atau mencegah timbulnya penyakit Alzheimer dan demensia," kata pemimpin studi, Dr David Llewellyn dari Universitas Exeter Medical School pada Time, Minggu (10/8/2013).

David juga menyatakan kegembiraannya sebab diperkirakan saat ini terdapat lebih dari 44 juta orang di seluruh dunia yang menderita demensia. Angka ini bahkan bisa meningkat tiga kali lipat pada tahun 2050.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.