Sukses

Musim DBD Tiba, Dinkes DKI Imbau Warga Jaga Kebersihan

Dinas Kesehatan DKI Jakarta mengimbau warga untuk tetap menjaga kebersihan karena pascabanjir rentan DBD (Demam Berdarah Dengue).

Dua pekan setelah banjir melanda Jakarta, Dinas Kesehatan DKI Jakarta mengimbau warga untuk tetap menjaga kebersihan karena pascabanjir rentan DBD (Demam Berdarah Dengue).

Seperti disampaikan oleh Kepala Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta, Dien Emmawati bahwa warga Jakarta perlu memperhatikan hal berikut karena hingga saat ini sudah ada dua korban meninggal akibat DBD. Untuk itu, ia mengimbau hal berikut:

1. Menjaga kebersihan

"Perilaku hidup bersih dan sehat harus tetap dijaga. Hidup bersih bisa menghilangkan 70 persen penyakit infeksi. Yang penting cuci tangan sebelum makan, cuci tangan setelah buang air besar, bersihkan sampah, bersihkan lingkungan dan lakukan PSN (Pemberantasan Sarang Nyamuk) agar terhindar dari DBD dan penyakit akibat kencing tikus atau leptopirosis," kata Dien saat ditemui Jumat (21/2/2014).

2. Menjaga makanan tetap seimbang

Menurut Dien, musim hujan memang diprediksi sudah selesai namun melihat kondisi cuaca yang tidak jelas yang penting adalah menjaga makanan tetap seimbang agar kekebalan tubuh tetap terjaga.

3. Bila ada air keruh dan butuh air bersih, Sudinkes siapkan air bersih

Dien mengatakan, sudah lama Sudinkes (Suku Dinas Kesehatan) Jakarta Selatan memiliki 1 unit water purifier atau pernjernih air dengan kapasitas 6000 liter air untuk pemenuhan air bersih bagi masyarakat yang terkena bencana banjir. Alat tersebut telah dioperasionalisasikan dan masyarakat juga sudah diajarkan menjernihkan air.


* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini