Sukses

Selain Teh Hijau, Teh Putih pun Ampuh Cegah Kanker

Teh putih memiliki fungsi yang hampir sama seperti jenis teh lainnya. Selain menurunkan kolesterol juga ampuh mencegah kanker

Beberapa jenis teh sudah tidak asing bagi kita. Mulai dari teh hitam (black tea), teh hijau (green tea), sampai teh oolong (oolong tea). Masing-masing teh memiliki beragam manfaat untuk tubuh. Tapi, pernahkah Anda mendengar teh putih (white tea)?

Teh putih memiliki fungsi yang hampir sama seperti teh lainnya. Namun, untuk mencegah terjadinya mutasi sel penyebab kanker, teh putih dinilai lebih ampuh ketimbang teh hijau dan teh lainnya.

Nutrisionist Rumah Sakit Mayapada Jakarta, dr. Ekky M. Rahardja MS, SpGK menjelaskan bahwa teh putih kaya akan antioksidan dan sudah pasti sangat baik untuk kesehatan.

Untuk bahan baku dari teh putih ini adalah pucuk teh yang masih kuncup, atau biasa disebut dengan peko.

"Nantinya peko akan diolah, dan tidak ada proses oksidasi. Kalau pun ada hanya sedikit sedikit terjadi oksidasi. Maka itu, teh putih ini memiliki antioksidan cukup tinggi dan baik untuk tubuh kita," kata dr. Ekky menjelaskan kepada Health Liputan6.com ditulis pada Senin (17/2/2014)

Selain itu, manfaat lain dari teh putih adalah menangkal radikal bebas, menurunkan kolesterol, menurunkan tekanan darah, menurunkan kadar gula darah, dan dipercaya juga ampuh melindungi kesehatan jantung.


(Adt/Abd)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.