Sukses

Ingat Vagina Anda, Ingat Kanker Serviks!

Di indonesia kanker menjadi penyebab kematian nomor 3 dengan angka kematian 7,7 persen

Kanker masih menjadi persoalan serius tidak hanya di Indonesia. Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mencatat, pada 2030 diperkirakan 14,1 juta orang akan meninggal karena kanker. Salah satu kanker yang bisa dicegah adalah kanker serviks.  dengan memperhatikan organ intim wanita (vagina).

Direktur Pengendalian Penyakit Tidak Menular Kemenkes RI, dr. Ekowati Rahajeng, SKM, M.Kes, mengatakan pengendalian kanker khususnya serviks atau kanker leher rahim bisa dilakukan dengan deteksi sedini mungkin dengan skrining metode Inspeksi Visual dengan Asam Asetat (IVA).

"Agar masyarakat mudah mengenalnya, metode tersebut kami beri nama Ingat Vagina Anda (IVA). Lakukan pemeriksaan secara dini untuk meningkatkan kualitas hidup dan mencegah sulitnya pengobatan pada kanker stadium lanjut," kata dr. Ekowati, dan ditulis Rabu (5/2/2014).

Direktur Jenderal Bina Upaya Kesehatan Kemenkes RI, Prof. Dr. dr. Akmal Taher, So.U(K) mengimbau masyarakat untuk menerapkan gaya hidup sehat guna menghindari kanker.

"Cara yang paling aman untuk terhindar dari kanker adalah menjalani gaya hidup sehat. Kanker dapat dicegah dan bisa dikontrol serta diobati. Untuk itu mari mulai hidup sehat," kata prof. Akmal.

Di Indonesia, berdasarkan data dari Sistem Informasi Rumah Sakit (SIRS) tahun 2010, kanker menjadi penyebab kematian nomor 3.

(Mia/Mel)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini