Sukses

Kanker Tak Akan Jadi `Penyakit Mahal`, Bila?

Biaya perawatan untuk pengobatan kanker yang terhitung tidak murah, membuat kanker disebut sebagai `penyakit mahal`.

Biaya perawatan untuk pengobatan kanker yang terhitung tidak murah, membuat kanker disebut sebagai `penyakit mahal`. Namun sebenarnya, penyakit kanker tidaklah mahal asal masing-masing individu memahami apa saja yang harus dilakukan.

"Penyakit kanker tidak akan menjadi penyakit mahal, bila setiap invidu mau berhenti merokok. Kalau bisa, hentikan kebiasaan merokok sejak sekarang, karena sesuatu yang `murah` berakibat pada yang sesuatu yang mahal," kata Direktur Utama Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM), DR. Dr. Cz. Heriawan Soejono, SpPD, KGer., M. Epid dalam acara  'World Cancer Day: Menepis Mitos Kanker', di Lobby Gedung Radioterapi RSCM, Salemba, Jakarta, Senin (3/2/2014).

Sebenarnya kanker bukan penyakit yang datang begitu saja. Lebih dari sepertiga kejadian kanker, sebenarnya dapat dicegah dengan pola hidup yang sehat, khususnya dalam konsumsi alkohol dan rokok yang merupakan faktor risiko pada lebih dari 20 persen kasus kanker.

"Pola makan yang tidak sehat, dan kurangnya aktivitas fisik menyebabkan terjadinya obesitas, merupakan faktor risiko pada banyak jenis kanker lainnya," kata dia menambahkan.

Selanjutnya, tambah Dr. Heriawan, kanker tidak akan menjadi suatu penyakit mahal bila pasiennya terdaftar sebagai peserta Jaminan Kesehatan Nasional (JKN)

"Penyakit kanker tidak akan menjadi mahal, bila pasien itu mendukung program JKN. Untuk itu, segeralah mendaftarkan diri menjadi anggota JKN," kata dia menutup perbincangan.

(Adt/Abd)

Baca juga:

Vagina Toilet Cegah Kanker Serviks
Cara Melakukan Sendiri `Vagina Toilet`
Vagina Toilet, Organ Intim Kencang Suami Senang

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.