Sukses

Begini Rahasia Indahnya Tarian Barongsai

Kunci keberhasilan dalam sebuah permainan barongsai ialah kedekatan individu antar tim, kerja keras, saling mempercayai dan menyayangi.

Gerakan yang selaras dengan iringan musik, membuat penampilan barongsai semakin menarik. Kekompakan para pemain menjadikan tiap gerakan barongsai terlihat menari indah.

"Setiap gerakan barongsai itu punya makna. Semua ekspresi kehidupan digambarkan oleh barongsai seperti senang, mengantuk, sedih, emosi, berani dan lain-lain," kata Pembina Tim Barongsai Kun Seng Keng Indonesia, Denny Kurniawan, ditulis Rabu (29/1/2014).

Menurut Pemain dan Pelatih tim barongsai Kun Seng Keng, Michael menjaga kekompakan memang kunci permainan barongsai.

"Kunci keberhasilan dalam sebuah permainan barongsai ialah kedekatan individu antartim. Dan kerja keras, saling mempercayai, mendukung, dan menyayangi," kata Michael.

Agar kompak pemain harus rela hal-hal yang sulit dan senang bersama, serta juga menyelesaikan masalah di dalam tim secara bersama-sama. Ini menjaga kedekatan emosi antarindividu.

"Dalam sebuah latihan pun kami telah melatih kebersamaan, mulai dari membereskan barang bersama. Menghormati yang lebih tua dengan panggilan tertentu," kata Michael.

Selain itu, Denny menambahkan, latihan menjadi kunci penting keberhasilan. "Rutin latihan itu sangat diperlukan, juara dunia pun kalau tidak latihan stamina dan skill-nya akan menurun. Tim barongsai yang diketuai Andreas Sofiandi ini rutin latihan satu minggu empat kali," katanya.

Para pemula biasanya diajari musik terlebih dahulu.

"Dasarnya itu musik yah, kalau sudah bisa musik baru dilanjut ke gerakan mulai dari yang di lantai kemudian di tiang-tiang. Biasanya membutuhkan waktu 2 sampai 3 tahun," kata Denny.

(Mia/Abd)


Baca Juga :

Imlek di Jakarta akan Diguncang Flashmob 30 Barongsai
Kue Lapis dan Jeruk Mandarin Saat Imlek, Apa Artinya?
Menyapu Saat Hari Pertama Imlek Bikin Sial?
Master Kaligrafi Chan Gelar Pameran di Indonesia

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini