Sukses

Eric Lawson`Marlboro Man` Meninggal karena Rokok

Eric Lawson yang juga pemeran pria Marloboro di iklan rokok selama akhir tahun 1970an meninggal dunia karena penyakit rokok.

Eric Lawson yang juga memerankan pria macho Marloboro di iklan rokok selama akhir tahun 1970an meninggal dunia di usia yang ke-72 tahun di San Luis Obispo, California. Penyebabnya karena penyakit yang disebabkan rokok.

Menurut istrinya, Susan Lawson, Lawson mengalami kegagalan pernapasan karena penyakit paru obstruktif kronik (PPOK). Lawson meninggal pada 10 Januari dengan meninggalkan istri, enam anak, 18 cucu, dan 11 cicit.

Lawson sudah merokok sejak usia 14 tahun. Lawson terakhir tampil dalam sebuah iklan antirokok yang memparodikan pria Marlboro dan segmen Entertainment Tonight yang membahas efek negatif dari rokok. Susan mengatakan, suaminya itu bangga ketika diwawancara, meski ia merokok pada saat itu dan melanjutkan kebiasaannya sampai didiagnosa mengalami PPOK.

"Dia tahu, tapi ia masih tak bisa berhenti," kata Susan.

Lawson merupakan seorang aktor di acara televisi seperti Baretta dan The Streets of San Francisco. Ia muncul di iklan cetak Marlboro pada 1978-1981.

Menurut Susan seperti dikutip WashingtonPost, Selasa (28/1/2014), luka yang diderita Lawson pada film barat membuat karirnya berakhir pada 1997.

Beberapa aktor dan model yang berhubungan dengan rokok Marlboro meninggal dunia karena penyakit yang berhubungan dengan rokok. Mereka adalah David Millar , yang meninggal karena emfisema pada tahun 1987 , dan David McLean , yang meninggal karena kanker paru-paru pada tahun 1995 .

(Mel/Abd)



* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini