Sukses

Cerdaskan Masyarakat Lewat 500 Rumah Pintar

Solidaritas Istri Kabinet Indonesia Bersatu (SIKIB) bersama beberapa pihak swasta tahun 2014 ini menargetkan 500 rumah pintar di Indonesia.

Lewat program Indonesia pintar, Solidaritas Istri Kabinet Indonesia Bersatu (SIKIB) tahun ini akan mendirikan 500 Rumah Pintar di seluruh Indonesia.

SIKIB bekerja sama dengan beberapa pihak swasta untuk merealisasikan rumah pintar. "Saat ini sudah ada 368 rumah pintar dan tahun ini sedang dilakukan penambahan rumah pintar hingga berjumlah 500 rumah pintar di seluruh Indonesia," kata Pembina SIKIB, Hj. Ani Yudhoyono di Jakarta, Rabu (22/1/2014).

Ani menyebutkan, rumah pintar merupakan sarana dan prasarana pendidikan non formal yang diakui pemerintah. Tujuan utama program ini adalah mewujudkan masyarakat berpengetahuan, sejahtera dan beradab.

"Untuk meningkatkan kualitas pendidikan masyarakat terutama perempuan dan anak bangsa, SIKIB bersama beberapa pihak berupaya semaksimal mungkin untuk memperluas akses pendidikan dan kesehatan lewat program-program kami," kata Ketua II SIKIB, Ratna Djoko Suyanto.

Rumah pintar, menurut Linda Agum Gumelar yang juga menjadi anggota SIKIB, merupakan sarana untuk memberdayakan masyarakat dan wadah berbagai kegiatan mulai dari pendidikan anak usia dini, remaja, kaum perempuan juga kelompok lanjut usia.

Melalui rumah pintar ini, para ibu SIKIB berharap masyarakat cerdas, inovatif, kreatif, mandiri yang sejahtera akan terbangun

Di dalam rumah pintar terdapat beberapa sentra seperti sentra buku, komputer, kriya, audiovisual dan permainan. Untuk masyarakat yang ingin mengetahuo lebih jelas tentang rumah pintar dapat menghadiri SIKIB Expo yang ada di Senayan City pada 21 sampai 26 Januari 2014.

(Mia/Abd)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini