Sukses

Awas, Serangan Jantung Intai Para Pekerja Malam!

Pekerja shift malam akan mengalami kerusakan dalam tubuhnya yang dapat terjadi dalam jangka waktu yang cukup lama.

Pekerja shift malam harus lebih hati-hati terhadap kesehatan tubuhnya. Dalam sebuah penelitian disebutkan bahwa pekerja shift malam akan mengalami kerusakan tubuh dalam jangka waktu yang cukup lama.

Dalam sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Prosiding National Academy of Sciences, para peneliti menemukan, pola tidur yang tidak teratur yang biasa terjadi pada mereka yang terbiasa bekerja shift malam akan mengalami perubahan pada tingkat molekuler.

Menurut para peneliti, pekerja shift malam akan mengalami perubahan berupa menurunnya suhu tubuh ketika jadwal tidur mulai berantakan.

"Tentu saja kekacauan itu terjadi karena tubuh selalu berusaha menyesuaikan diri dengan iklim yang terjadi," kata Penulis Studi dari University of Surrey, Derk-Jan Dijk seperti dikutip Fox News, Rabu (22/1/2014).

Bahkan, menurut para peneliti, seseorang yang memiliki jadual tidur tidak teratur memiliki risiko tinggi menderita menderita diabetes mellitus tipe 2 dan obesitas. Beberapa penelitian juga menemukan bahwa serangan jantung lebih sering terjadi pada pekerja shift malam.

(Adt/Abd)

Baca juga:

Letih di Hari Pertama Bekerja, Atasi dengan Ini!
Ada Nota Kerjasama BPJS yang Dianggap IDI Tak Adil
Kiat Agar Pekerjaan Tidak Ganggu Kesehatan Anda

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini