Sukses

Demi Otot Anak, Ibu Hamil Jangan Abaikan Vitamin D

Untuk ibu hamil, menjaga asupan vitamin D dapat membantu memastikan otot yang lebih kuat pada bayi saat pertumbuhan mereka nantinya.

Untuk ibu hamil, menjaga asupan vitamin D dapat membantu memastikan otot yang lebih kuat pada bayi saat pertumbuhannya nanti. Studi baru mengatakan vitamin D yang dikonsumsi ibu saat hamil mempengaruhi kekuatan otot anak nantinya, dikutip Idiva, Minggu (12/1/2014).

"Antara ibu hamil dan kekuatan otot untuk bayi nantinya memiliki hubungan yang erat. Kekuatan otot anak akan menurun ketika ibu tidak mengonsumsi vitamin D sehingga berisiko patah tulang, osteoporosis dan diabetes," kata Peneliti dati Universityof Southampton di Inggris, Nicholas Harvey.

Penelitian melibatkan 678 ibu di tahap akhir kehamilan dengan mengonsumsi vitamin D kemudian peneliti mengukur kekuatan otot anak setelah usia empat tahun. "Hasil penelitian menunjukan semakin tinggi kadar vitamin yang dikonsumsi ibu maka semakin tinggi jug kekuatan ototnya," katanya.

Penelitian ini ditulis dalam Clinical Endokrinologi dan metabolisme. "Kekuatan otot anak akan terus berkembang ketika ibu saat hamil rutin mengonsumsi vitamin D. Pengamatan yang paling terlihat di usia anak 4 tahun, konsumsilah vitamin D untuk membnatu mengurangi penyakit yang berhubungan dengan hilangnya massa otot," kata Harvey.

Harvey menambahkan sebaiknya para ibu atau wanita muda mengonsumsi vitamin D setidaknya 10 mikrogram. "Hal ini dilakukan bertujuan untuk mengoptimalkan komposisi tubuh di masa kecil dan dewasa," kata Harvey.

Hal serupa juga dikatakan Direktur MRC Epidemiology Unit di Lifecourse University of Southampton, Cyrus Cooper, vitamin D sangat dibutuhkan untuk kekuatan otot di masa depan. (Mia/Igw)

Baca Juga :

Asupan Vitamin Penting Selama Masa Menyusui
Diet Hamil, Atur Makan demi Ibu dan si Bayi
Tak Boleh Sepenuhnya Ambil Vitamin D dari Matahari

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini