Sukses

Masalah yang Seringkali Terjadi Saat Istri Tengah Hamil

Sekitar 20 persen dari wanita hamil seringkali mengalami gejolak secara emosional sewaktu dirinya mengandung.

Sekitar 20 persen dari wanita hamil seringkali mengalami gejolak secara emosional sewaktu dirinya mengandung.

Saat bayi berada di dalam kandungan, tubuh dari calon ibu akan mengalami perubahan yang konstan untuk menciptakan lingkungan nyaman untuk bayi tersebut.

Untuk itu, masalah hubungan selama kehamilan harus ditangani dengan sangat hati-hati, serta dukungan emosional sangat diperlukan sebelum akhirnya wanita itu memerlihatkan wajah buruknya.

Berikut beberapa masalah yang terjadi di antara pasangan menikah, yang muncul selama masa kehamilan seperti dikutip laman Boldsky, Rabu (7/1/2013)

#1 Kurangnya dukungan dan pengertian

Depresi dan rasa cemas selama masa kehamilan merupakan alasan utama yang membuat hubungan di antara pasangan itu tidak bahagia. Memahami dan lebih dekat dengan istri, merupakan cara ampuh ketika tahu dirinya sedang merasa tertekan.

#2 Kurangnya komunikasi

Masalah hubungan selama masa kehamilan timbul terutama bila pasangan tidak berbagi tentang perasaannya, dan gagal mengomunikasikannya satu sama lain.

Paling sering suami menghindar untuk berbicara dengan istrinya untuk menghindari kemungkinan adu argumen yang tidak tepat di saat suasana hati yang sedang tidak baik. Tak jarang membuat istri merasa diabaikan oleh pasangannya.

#3 Gangguan emosi

Hal satu ini sangat menantang bagi seorang suami untuk menghadapi tuntutan emosional dan fisik dari istrinya yang tengah mengandung.

Mengingat emosi dari seorang istri yang campur aduk, suami harus dapat memberikan pemahaman dan penghargaan terhadap pasangannya. Perubahan suasana hati yang normal dan lebih umum terjadi pada trimester pertama.

#4 Perubahan fisik wanita


Perubahan fisik, emosional, mengalami kenaikan berat badan, depresi, dan rasa lelah dapat memengaruhi hubungan seksual antara suami istri. Banyak wanita yang juga mulai merasa tidak menarik, dan merasa tidak aman selama fase ini.

#5 Kesalahpahaman

Kesalahpahaman sekecil apa pun harus segera didiskusikan dan diselesaikan baik-baik. Mengingat wanita hamil kadar hormon dalam tubuh tak menentu, yang seringkali membuat wanita itu lepas kontrol dan berbuat di luar nalarnya.

(Adt/Abd)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini