Sukses

Makan Banyak Buah dan Sayur Cegah Asma

Penelitian mengungkapkan bahwa makan banyak buah dan sayur melindungi seseorang dari penyakit asma.

Penelitian mengungkapkan bahwa makan banyak buah dan sayur melindungi seseorang dari penyakit asma. Penelitian ini sendiri muncul setelah dilakukan beberapa eksperimen menggunakan tikus.

Para peneliti mengatakan, temuan yang dipublikasikan dalam Nature Medicine mungkin berlaku untuk manusia terhadap apa yang dimakannya, dan dapat memengaruhi perkembangan sel kekebalan tubuh dan penyakit di luar usus.

Sebuah studi sebelumnya menemukan asma dan sindrom iritasi usus (IBS) bisa disebabkan oleh reaksi inflamasi yang sama. Orang yang menderita IBS dua kali lebih mungkin memiliki gejala asma juga.

IBS merupakan gangguan pencernaan yang umum, yang menghasilkan berbagai gejala termasuk kram, rasa kembung, dan perubahan atau gangguan kebiasaan buang air besar, seperti sembelit atau diare.

Dikutip dari laman Daily Mail, Selasa (7/1/2013), Dr Benjamin Marsland dari University of Lausanne, Swiss mengatakan bahwa selama beberapa dekade terakhir, asma dan alergi telah meningkat di negara berkembang, sementara konsumsi serat makanan telah menurun di negara-negara tersebut.

Timnya menemukan, tikus yang diberi diet rendah serat mengalami peningkatan terhadap radang paru-paru sebagai respons terhadap debu. Sedangkan tikus yang diperkaya dengan pektin, ditemukan pada dinding sel tanaman telah mengurangi penyakit alergi saluran napas.

(Adt/Mel)

Baca juga:

Konsumsi Buah Orang Indonesia Menyedihkan

Gonta-ganti Diet Berbahaya untuk Usus

Hindari Makan Durian Usai Operasi Transplantasi Hati!

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini