Sukses

Jangan Beri Makanan ini untuk Hewan Peliharaan!

Dalam pemberian makan hewan peliharaan juga perlu diperhatikan agar tidak membahayakan hewan peliharaan dan kesehatan pemiliknya.

Memiliki hewan peliharaan menurut penelitian dapat membantu meningkatkan kesehatan pemiliknya. Namun dalam pemberian makannya juga perlu diperhatikan agar tidak membahayakan hewan peliharaan. Dikutip Realsimple, Senin (6/1/2014) ketika hewan peliharaannya terjangkit penyakit maka bisa sangat mudah menulari pemiliknya.

Untuk itu perhatikan makanan yang tidak dianjurkan untuk diberikan kepada hewan peliharaan agar tidak menimbulkan sakit:

1. Cokelat

Makanan manis ini dapat merangsang sistem saraf dan jantung, dan bersifat sebagai racun untuk tubuh hewan terutama anjing. Kemungkinan efek keracunannya itu muntah, rasa haus yang meningkat, gelisah, peningkatan detak jantung, suhu tubuh meningkat dan kejang.

2. Anggur atau kismis

Buah ini dapat mengakibatkan kerusakan ginjal terutama pada kucing dan anjing. Kemungkinan efek keracunannya yaitu peningkatan rasa haus, meningkatnya buang air kecil, lesu dan muntah.

3. Bawang Putih

Bumbu dapur yang satu ini dapat merusak sel darah merah pada hewan dan menyebabkan anemia. Kemungkinan efek keracunannya seperti muntah, urine bewarna merah, kelamahan dan anemia.

4. Xylitol pada Permen Karet

Bahan ini dapat menyebabkan peningkatan sekresi insulin sehingga menurunkan kadar gula darah. Kemungkinan nefek keracunannya lebih cepat terjadi pada anjing seperti muntah, lesu, kurangnya koordinasi pada tubuh, kejang, sakit kuning dan diare.

5. Minuman Beralkohol

Sistem saraf dapat tertekan saat hewan peliharaan mengonsumsi minuman beralkohol. Kemungkinan efek keracunannnya yaitu muntah, disorientasu, diare, lesu, kurangnya koordinasi, kesulitan bernapas, kejang dan koma.

6. Roti

Makanan padat ini dapat membentuk gas di dalam saluran pencernaan dan menyebabkan muntah, diare, lesu, kesulitan bernapas, kejang bahkan koma.

7. Avokad

Persin yang ada di dalam alpukat dapat merusak otot jantung dan burung adalah hewan yang paling sensitif. Efek keracunannya yaitu muntah, diare, lesu dan kesulitan bernapas.

(Mia/Abd)

Baca Juga :

Manfaat Hewan Peliharaan, Banyak Lho!
Tak Hanya Manusia, Hewan Peliharaan Juga Perlu Sikat Gigi
Pertolongan Sederhana Bila Digigit Anjing Rabies

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.