Sukses

Mandi Air Dingin Usai Olahraga Bikin Tubuh Makin Bugar

Banyak manfaat yang didapat ketika mandi seusai berolahraga. Apa sajakah itu?

Setelah melakukan aktivitas fisik, tubuh dan otot-otot membutuhkan perawatan yang tepat untuk memulihkan, dan membangun kembali kekuatan. Maka itu, penting bagi para pelaku untuk mandi setelah melakukan olahraga.

Banyak manfaat yang didapat ketika mandi seusai berolahraga. Apa sajakah itu?

Berikut beberapa manfaat dari mandi setelah berolahraga, seperti dikutip Health Me Up, Senin (6/1/2013)

#1 Kebersihan

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman



Saat melakukan aktivitas fisik, di mana pun itu tempatnya, tubuh akan berkeringat bila olahraga dilakukan dengan benar. Mandi setelah berkeringat usai berolahraga, akan membuat badan harum dan tubuh kembali bersih.

Terlebih selama berolahraga, banyak bakteri dan kuman yang masuk ke dalam tubuh. Bila tak segera dibilas dengan mandi, maka bakteri dan kuman akan berkembang biak di dalam tubuh.

#2 Pemulihan otot
3 dari 4 halaman



Penelitian menunjukkan, mandi air dingin dapat memulihkan kondisi seperti semula, dan mengurangi nyeri pada otot setelah melakukan aktivitas fisik.

Banyak orang menderita sakit otot setelah selesai berolahraga, ini biasanya disebut dengan onset nyeri otot (DOM). Mandi setelah berolahraga dapat membantu meringankan rasa sakit dan membuat tubuh akan kembali bugar ketika melakukan aktivitas fisik kembali di keesokan harinya.

#3 Kehilangan lemak
4 dari 4 halaman



Mandi air dingin setelah berolahraga akan membuat metabolisme tubuh mengalami peningkatan hingga 550 persen. Hal ini menyebabkan tubuh akan membakar banyak kalori, dan membuat tubuh tetap hangat.

Maka itu, mandi air dingin sangat dianjurkan ketika selesai berolahraga, karena itu memungkinkan untuk orang tersebut kehilangan lebih banyak lemak.

(Adt/Abd)

Baca juga:

Manfaat Bersihkan Rambut Kemaluan pada Pria dan Wanita
Banyak Makan di Hari Natal, Coba Detoks Tubuh dengan Cara Ini
Jauhi Mandi Sauna Demi Selamatkan Sperma

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini