Sukses

Ini Waktu yang Tepat Konsumsi Buah

Saat mengonsumsi buah perlu memperhatikan waktu yang tepat untuk mengonsumsinya untuk menghindari masalah pencernaan.

Para ahli kesehatan merekomendasi untuk mengonsumsi lima porsi buah dan sayur setiap harinya. Namun menurut Ahli Gizi dan Pendiri Slim Fitness Studio, Pallavi Srivastava perlu juga memperhatikan waktu yang tepat untuk mengonsumsinya. Dikutip Healthmeup, Senin (6/1/2014) hal ini dimaksudkan untuk menghindari masalah pencernaan.

1. Saat Udara Dingin

Pallavi mengatakan mengonsumsi buah sangat penting saat udara sedang dingin. "Buah-buahan memberikan vitamin, mineral dan antioksidan yang membantu tubuh bersosialisasi dengan dingin. Selain itu juga harus mengonsumsi cairan untuk menjaga tubuh tetap lembab," ujarnya.

Saat dingin buah yang pas untuk dikonsumsi menurut Pallavi yaitu jeruk, lemon, stroberi dan jeruk nipis. "Buah-buahan tersebut juga bermanfaat untuk flu," jelasnya. Selain itu saat dingin juga bagus bila mengonsumsi apel, pir dan melon. "Buah yang tinggi akan serat dapat membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh," ujarnya.

2. Waktu Tertentu

Menurut Pallavi waktu terbaik untuk mengonsumsi buah adalah di pagi hari pada waktu perut kosong atau diantara jam makan camilan. "Konsumsi buah juga yang baik saat sarapan, makan siang dan makan malam. Serta pertengahan antara makan siang menuju makan malam," katanya menjelaskan.

Pallavi mengatakan sebaiknya hindari mengonsumsi buah bersamaan dengan makanan berat, hal tersebut dapat membuat pencernaan bermasalah. "Konsumsi buah pada waktu perut kosong karena mengandung gula yang tidak banyak, serat, nutris dan tubuh akan mudah menyerapnya. Jika dicampur dengan makanan berat maka tidak bisa dicerna dengan baik," katanya.

3. 45 Menit Sebelum Minum

"Mungkin ada yang berpendapat sebaiknya setelah mengonsumsi buah harus segera minum. Namun yang terbaik adalah menunggu setidaknya 45 menit baru boleh minum. Berbeda ketika konsumsi jeruk, maka perlu segera minum air untuk menetralkan rasa asam dari buah jeruk," ujarnya.

(Mia/Abd)

Baca Juga:

Segudang Manfaat Tomat Buat Kesehatan
Gonta-ganti Diet Berbahaya untuk Usus
Hindari Makan Durian Usai Operasi Transplantasi Hati!


* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini