Sukses

Saat Manusia Keluarkan Emosi, Tubuh Berubah

Emosi dapat memberikan efek pada tubuh kita dengan mengelurkan reaksi warna, hal ini menurut penelitian di Prancis.

Ilmuwan Prancis mencoba membuktikan bahwa emosi memberi efek bagi tubuh kita. Penelitian yang dipublikasikan di  Proceedings of the National Academies of Sciences mencermati 773 peserta untuk mencari tahu bagaimana emosi tertentu mengubah tubuh. Para ahli menyebutkan bahwa perubahan dalam tubuh ini terjadi secara konsisten.

Mula-mula para peserta diberi kata-kata, cerita, film dan ekspresi kemudian ditanya kesannya. Sementara itu, komputer memindai seluruh tubuh dan memunculkannya dalam bentuk siluet area tubuh mana yang mengalami peningkatan atau penurunan aktivitas. Saat sensasi itu berlangsung intens, peserta diberi warna merah dan kuning saat perasaan yang muncul begitu kuat. Ketika sensasi jenuh dan bosan muncul, warna biru akan muncul dalam siluet itu.

Dikutip dari Theverge.com, Kamis (2/1/2013) peta warna itu menjadi petunjuk bahwa emosi yang keluar sebagai respons atas rangsangan dari luar itu memang benar. Siluet untuk mereka yang sedang malu dari pipinya mengeluarkan efek warna kuning cerah, sementara yang mengalami rasa geli atau mual akan mengeluarkan warna merah.

Para peneliti mengatakan hasil penelitian mencerminkan adanya hubungan antara pengetahuan semantik stereotip dengan sensasi emosional. Penelitian dilakukan dengan meilbatkan peserta dari Taiwan dan Finlandia, meskipun latar belakang budaya mereka berbeda namun peta warna menggambarkan hal yang sama.

Menurut para peneliti itu, titik warna yang terjadi karena reaksi emosi mengarah pada dasar biologis yang memicu respons pada fisik kita. Meskipun emosi hanya berpengaruh kecil pada bidang fisiologi namun ada perbedaan dalam suhu kulit dan detak jantung.

Penelitian tersebut mengatakan bahwa memang ada hubungan antara skeletomuscular, viseral dan saraf sensasi. Sensasi tubuh secara subjektif berhubungan dengan emosi manusia.

(Mia/Abd)

Baca Juga :

Marah Bikin Kepala Panas, Sedih Tangan Jadi Lemas
Hipnoterapi Klinis untuk Obati Psikosmatis, Benarkah?
Awas, Gampang Stres Gampang Pula Gendut!



* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.