Sukses

Ada JKN, Hidup Bersih Sehat Tetap Harus Jalan

Meski kesehatan seluruh masyarakat Indonesia sudah dijamin, perilaku hidup bersih dan sehat tetap harus dijaga

Dengan adanya Jaminan Kesehatan Nasional (JKN), secara otomatis kesehatan masyarakat Indonesia sudah dijamin oleh Pemerintah. Namun, tidak serta merta ini membuat masyarakat abai dengan pola hidup bersih dan sehat.

"Tetap perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) harus ditingkatkan agar tidak banyak orang-orang yang sakit," kata Wakil Menteri Kesehatan Prof. Dr. Ali Ghufron Mukti, MSC, PhD dalam acara 'Pencanangan Pelaksanaan Jaminan Kesehatan Nasional di Provinsi DKI Jakarta' di RSUP Fatmawati Jakarta, Rabu (1/1/2014).

Jaminan Kesehatan Nasional merupakan bentuk perlindungan kesehatan agar peserta memeroleh manfaat pemeliharaan kesehatan dan perlindungan dalam memenuhi kebutuhan dasar kesehatan, yang diberikan kepada setiap orang yang telah membayar iuran atau iuran yang dibayar oleh pemerintah.

Dikatakan Prof. Ali Ghufron, semua penduduk Indonesia wajib menjadi peserta JKN yang dikelola oleh BPJS termasuk orang asing, yang telah bekerja paling singkat enam bulan di Indonesia dan telah membayar iuran.

(Adt/Abd)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini