Sukses

Musim Hujan Datang, Waspadai 3 Penyakit Ini!

Dinkes Pamekasan, Madura, Jawa Timur, meminta masyarakat agar mewaspadai berbagai jenis penyakit yang berpotensi saat musim hujan

Dinas Kesehatan (Dinkes) Pamekasan, Madura, Jawa Timur, meminta masyarakat agar mewaspadai berbagai jenis penyakit yang berpotensi saat musim hujan.

"Ada tiga jenis penyakit yang perlu diwaspadai masyarakat saat musim hujan," kata Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Pamekasan Ismail Bey seperti dikutip dari Antara, Senin (30/12/2013).

Menurut Ismail, ketiga jenis penyakit itu adalah demam berdarah (DB), diare dan inspeksi saluran pernafasan akut (ISPA).

Penyakit demam berdarah biasanya sering terjadi saat musim hujan, karena jenis penyakit ini terjadi akibat gigitan nyamuk, sedangkan saat musim hujan biasanya banyak nyamuk.

"Penyakit diare juga sering terjadi saat musim hujan, termasuk juga dengan penyakit inspeksi saluran pernafasan akut," katanya.

Kedua jenis penyakit itu bisa disebabkan oleh kondisi lingkungan yang kurang bersih, serta air yang keruh akibat banjir. Makanan yang kurang sehat atau tidak steril juga menjadi penyebabkan terjadinya diare.

"Kalau ISPA saat musim hujan itu lebih disebabkan karena suhu udara yang cenderung berubah-ubah atau panas dingin," kata Ismail Bey menjelaskan.

Untuk mengantisipasi berbagai jenis penyakit saat musim hujan ini, katanya, perlu kebiasaan perilaku hidup bersih sehat (PHBS).

"Misalnya kalau untuk demam berdarah, kami anjurkan untuk melakukan 3M, yakni menutup, menguras dan mengubur semua genangan air yang berpotensi menjadi sarang berkembang biaknya nyamuk," katanya.

(Abd)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini