Sukses

Tips Buat Ibu Hamil Biar Tak Takut dengan Persalinan

Kecemasan dan rasa takut yang berlebihan dapat diatasi dengan membayangkan hal positif agar persalinan dan proses penyembuhan menyenangkan.

Rasa cemas bercampur senang dirasakan para calon ibu saat menantikan kehadiran buah hati. Menurut Dokter Spesialis Kebidanan dan kandungan Eka Hospital BSD, dr Wiku Andonotopo, SpOG, PhD kekhawatiran tersebut tidak perlu berlebihan.

Hal yang sama juga dikatakan Dokter Spesialis Kandungan sekaligus Wakil Presiden BundaMedik, Rumah Sakit Bunda, dr. Ivan R. Sini MD, FRANZCOG, GDRM, SpOG seperti ditulis Jumat (27/12/2013).

"Rasa cemas itu wajar, tetapi jangan berlebihan karena Tuhan sudah memberikan kekuatan luar biasa untuk para ibu. Semua organ di tubuh diciptakan Tuhan sedemikian rupa untuk melahirkan. Bayangkan yang menyenangkan waktu melahirkan nantinya tidak akan lagi takut,"kata dr Ivan.

Untuk persiapan menjelang kelahiran para ibu dapat melakukan tips berikut ini :

  1. Jaga kesehatan selama kehamilan dengan mengonsumsi makanan bergizi seimbang. Zat gizi yang diperlukan ibu hamil yaitu karbohidrat dan lemak, protein, asam folat dan seng, kalsium dan zat besi. Kebutuhan energi pada ibu hamil yaitu 2.200 kkal per hari dan protein 67 gram per hari. Makan makanan yang bergizi seimbang diperlukan untuk kelangsungan kondisi tubuh ibu dan janin.
  2. Buang rasa takut dan khawatir menghadapi persalinan. Jaga stamina dengan tidak membuat tubuh lemah, cemas, dan gelisah menjelang persalinan.
  3. Lakukan latihan pernapasan karena oksigen yang dihirup masuk ke tubuh akan menguatkan otot-otot dan mengurangi rasa nyeri.
  4. Hamil bukan berarti absen berolahraga. Olahraga dapat dilakukan dengan berjalan atau senam ringan.
  5. Bayangkan hal-hal positif yang akan membantu mengatasi rasa takut, tegang, juga sakit selama persalinan dan paska persalinan.


(Mia/Mel)


*Bagi Anda yang ingin mengetahui hasil ujian CPNS 2013 silakan klik di cpns.liputan6.com


Baca Juga :

Prenatal Yoga, Cocok Buat Ibu yang Persiapkan Kelahiran
Biar Ibu Hamil Nggak Stres, Coba Yoga Prenatal
Ibu Hamil Jangan Cuma Diam Ya, Coba Senam Hamil!


* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.