Sukses

Yuk, Olahraga Bareng Buah Hati di Musim Liburan!

Musim liburan kini telah tiba, para orangtua bisa memanfaatkannya dengan berolahraga bersama buah hati.

Musim libur kini telah tiba, para orangtua bisa memanfaatkannya dengan berolahraga bersama dengan sang buah hati. Olahraga selain memberikan banyak manfaat, juga dapat dikategorikan sebaga gaya hidup sehat.

Membiasakan anak berolahraga menurut Dokter Spesialis Kesehatan Fisik dan Rehabilitasi Eka Hospital BSD, dr. Fanny Aliwarga, SpKFR sangatlah penting, agar anak terbiasa dengan gaya hidup sehat yang satu ini.

"Olahraga itu dapat memberikan banyak manfaat yaitu membakar kalori dan membuat jantung lebih sehat. Akan menyenangkan bila dilakukan dengan si kecil," katanya seperti ditulis Minggu (29/12/2013).

Agar olahraga bisa menyenangkan bersama sang buah hati, begini persiapannya menurut dr. Fanny :

1. Sepatu Khusus Olahraga

Jelaskan pada buah hati bahwa ia perlu memakai sepatu khusus untuk berlari atau berjalan. Selain itu menurut dr. Fani para orangtua juga perlu menjelaskab mengapa anak tidak boleh memakai sembarangan sepatu untuk olahraga.

Jika olahraga dilakukan di luar ruangan sebaiknua sediakan topi agar anak terhindar dari panas.

2. Diskusikan Rute Jalan Bersama

Ajukan beberapa pilihan lokasi, lalu biarkan anak menentukan mana yang ia inginkan. Dengan demikian, antusiasme anak akan terbangun sejak awal.

3. Jangan Lupakan Pemanasan

Meski latihan yang akan dilakukan bersifat menyenangkan, pemanasan tetap perlu dilakukan untuk menghindari cedera. Sambil meregangkan otot, beri anak pengertian sederhana tentang pentingnya pemanasan.

4. Selalu Siapkan Air Minun

Sebelum mulai berlatih, pastikan anak sudah minum cukup air putih. Jangan lupa membawa sebotol air minum selama perjalanan, untuk mencegah anak merasa mual, sakit kepala atau kehausan saat berlatih.

Olahraga akan terasa menyenangkan bersama si kecil. Yuk, Mulai ajarkan anak olahraga dari sekarang.

(Mia/Mel/*)

*Bagi Anda yang ingin mengetahui hasil ujian CPNS 2013 silakan klik dicpns.liputan6.com

Baca Juga :

Anak Minim Olahraga Rentan Kena Serangan Jantung
Olahraga Tak Hanya Bikin Sehat Tapi Juga Kreatif
Jalan Kaki Awal dari Cinta Olahraga



* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.