Sukses

Asupan Vitamin Penting Selama Masa Menyusui

Berikut jenis vitamin dan jumlah dosis yang tepat untuk Anda konsumsi

Supaya ibu dan bayi yang dilahirkan senantiasa sehat dan bugar, wajib bagi wanita itu untuk melakukan diet seimbang selama masa menyusui. Ini diperlukan untuk memasok nutrisi yang cukup untuk bayi yang dilahirkan itu.

Ahli medis menyarankan bagi seorang ibu untuk mengonsumsi suplemen multivitamin yang baik, bersamaan dengan diet sehat yang Anda lakukan. Namun, Anda wajib mengetahui dengan pasti berapa jumlah dosis yang baik untuk dikonsumsi selama menyusui.

Berikut jenis vitamin dan jumlah dosis yang tepat untuk Anda konsumsi, seperti dikutip dari laman Boldsky, Senin (23/12/2013)

1. Vitamin D

Di antara begitu banyak daftar vitamin yang wajib dikonsumsi wanita menyusui, vitamin D memiliki peranan teramat penting. Dianjurkan untuk mengonsumsi suplemen vitamin D yang mengandung 10 mikrogram (mcg) setiap harinya.

Tidak hanya suplemen, untuk mendapatkan tambahan vitamin D ini, Anda dapat berjemur di pagi dan sore hari. Sebab, matahari di jam itu akan memroduksi vitamin D.

2. Vitamin C

Selama menyusui, wanita wajib mendapatkan vitamin C. Ini bisa dengan mudah ditemui di dalam buah jeruk, berry, buah-buahan tropis, tomat, dan lain-lain. Selain makanan tersebut, carilah mulitivitamin yang mengandung vitamin C ini.

3. Folat

Folat sangat penting selama masa kehamilan dan menyusui. Tidak hanya dari multivitamin, dari makanan pun Anda bisa mendapati folat ini.  Misalnya saja dari sayuran berdaun hijau seperti bayam, brokoli, kubis, dan kecambah.

4. Vitamin E


Vitamin E merupakan vitamin penting yang harus ada di dalam diet Anda selama menyusui. Anda bisa mendapati vitamin E dengan cara oral, topikal, dan disuntikkan.

5. Vitamin A


Vitamin A juga dengan mudah bisa didapati di dalam brokoli, wortel, dan labu.

6. Vitamin B6


Angka kecukupan dietari (RDA) dari vitamin B6 untuk wanita menyusui adalah 2 mg per hari.

7. Vitamin B2


Vitamin B2 atau dikenal sebagai riboflavin harus dilengkapi bagi wanita menyusui agar menghasilkan ASI yang berkualitas. Vitamin B2 bisa dengan mudah ditemui di dalam susu, daging, telur, kacang-kacangan, dan sayuran hijau.

(Adt/Mel)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini