Sukses

Kelopak Mata Mudah Terkulai, Kenapa Ya?

Pernahkah merasa mata seperti terus menerus sayup atau seperti mengantuk? mungkin itu tanda kelopak mata Anda sudah terkulai.

Pernahkah merasa mata terus- menerus sayup atau seperti mengantuk? Mungkin itu tanda kelopak mata Anda sudah terkulai. Menurut Konsultan di Departemen Okuloplastik, Singapore National Eye Centre (SNEC), dr. Sunny Shen  banyak faktor yang menyebabkan kelopak mata terkulai.

"Penuaan merupakan penyebab yang paling umum pada kelopak mata yang terkulai. Selain itu bisa juga karena kondisi syaraf yang terganggu (seperti stroke, tumor otak), kelainan otot, genetik atau bawaan dan penggunaan lensa kontak mata," kata Sunny lewat surel yang dikirim di redaksi Liputan6.com, Senin (16/12/2013).

Berikut ini gejala-gejala kelopak mata terkulai, yaitu:

1. Kesulitan dalam menjaga mata Anda tetap terbuka atau kelopak mata terasa berat karena meningkatnya kelemahan pada otot-otot kelopak mata
2. Ketegangan mata dan nyeri pada kelopak mata yang disebabkan oleh upaya menaikkan kelopak mata secara terus-menerus
3. Ekspresi lelah dan mengantuk yang terus-menerus
4. Berkurangnya penglihatan jika sebagian kelopak mata atas menutupi pupil
5. Kepala miring ke belakang secara terus-menerus untuk membantu Anda melihat dari bawah kelopak mata yang terkulai

"Jika kelopak mata seseorang terkulai tiba-tiba (dalam jam dan hari), orang itu harus mencari bantuan medis segera. Kelopak mata yang terkulai kadang bisa berkaitan dengan mengendurnya alis mata (ptosis alis) dan bertambahnya kelebihan kulit kelopak mata (dermatokalasis)," ujar Shen.

Menurutnya, pada beberapa kasus, jaringan penghubung kelopak mata juga melemah dan lemak orbital yang normal jatuh ke depan, menyebabkan kelopak mata atas berkantung. Semua kondisi tersebut dapat melibatkan hanya satu atau bahkan kedua kelopak mata. Ini menyebabkan terhalangnya penglihatan seseorang.

(Mia/Abd)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini