Sukses

Bolehkah Ibu Hamil Minum Air Tebu?

Air tebu merupakan sumber yang kaya akan zat besi dan vitamin A, C, B1, B2, B3, B5, dan B6. Air tebu juga memiliki konsentrasi tinggi.

Seringkali ibu hamil bertanya bolehkah minum air tebu? Terkadang banyaknya penjual air tebu yang beredar dimana-mana membuat ibu hamil tergoda untuk meminumnya.

Selain menyegarkan, air penuh gula ini mengandung banyak vitamin yang baik untuk tubuh. Bagi perempuan hamil, mengonsumsi air tebu justru dianjurkan.

Air tebu merupakan sumber yang kaya akan zat besi dan vitamin A, C, B1, B2, B3, B5, dan B6. Air tebu juga memiliki kandungan fitonutrien, antioksidan, protein, dan serat larut yang tinggi.

Berikut ini ada beberapa manfaat kesehatan yang dihasilkan air tebu bagi ibu hamil, seperti dikutip Boldsky, Minggu (15/12/2013)

1. Energi instan

Air tebu dipercaya dapat memberikan energi instan, yang membuat air tebu ini menjadi favorit banyak wanita hamil di India.

2. Indeks glikemik rendah

Meskipun air tebu mengandung kadar gula yang cukup tinggi, namun relatif baik untuk penderita diabetes. Sebab, air tebu berisikan gula alami dengan indeks glikemik rendah.

Dengan begitu, air tebu dipercaya dapat mencegah terjadinya kenaikan kadar glukosa darah pada wanita hamil.

3. Kaya protein

Protein penting bagi tubuh si wanita hamil. Salah satu tips penting bagi wanita hamil untuk memeroleh protein lebih adalah dengan meminum air tebu ini.

4. Baik untuk pencernaan

Ketika hamil wanita kerap makan sembarangan karena ngidam, tak jarang wanita tersebut akan mengalami masalah terhadap pencernaan.

Untuk itu, konsumsilah segelas air tebu agar pencernaan selama masa kehamilan menjadi baik-baik saja.

5. Sumber antioksidan

Air tebu merupakan sumber yang kaya akan flavonoid dan senyawa fenolik. Flavonoid sangat penting dalam menjaga tubuh agar terhindar dari radang dan alergi.

(Adt/Abd)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini