Sukses

Aan Iroh, Wanita Tua di Bandung yang Mengaku Berumur 131 Tahun

Aan Iroh, wanita asli Garut yang kini tinggal di Bandung, Jawa Barat ini mengklaim dirinya berusia 131 tahun 11 bulan.

Siapa yang tidak ingin panjang umur? Usia merupakan rahasia Yang Kuasa sehingga merupakan anugerah luar biasa bila kita diberikan umur panjang. 

Berbicara mengenai usia, di Bandung, tepatnya di Desa Bojong Kunci kecamatan Pameungpeuk, Soreang, ada seorang wanita yang mengaku berusia 131 tahun lebih bernama Aan Iroh.

Aan Iroh, wanita asli Garut yang kini tinggal di Bandung, Jawa Barat ini mengklaim dirinya berusia 131 tahun 11 bulan.

Meskipun tidak ada akta kelahiran ataupun foto yang mendukung hal tersebut, tapi hal ini dibenarkan oleh Ketua RT 05 Dedy Suryana dan juga Ketua RW 09 Dede Dimyati, dan juga Kepala Desa Bojong Kunci kecamatan Pameungpeuk, Soreang, Bandung, Ecep Budiman.

Menurut Ketua RT 05 desa Bojong Kunci sekaligus cucu dari Aan Iroh, Dedy Suryana, data administrasi berikut foto bukti lahir sudah lama hilang sejak daerah Citepus-Nyengseret atau sekarang jalan terusan Kopo itu banjir besar.

"Semua dokumen dan foto hilang tersebut hilang karena terseret banjir. Jadi data yang dibuat di RT ini adalah berdasarkan Uyut Aan dan sejumlah keterangan dari anak maupun cucunya yang masih hidup," kata Dede yang ditemui tim Liputan6.com di Bandung, Jawa Barat, ditulis Jumat (13/12/2013).

Dede mengatakan, neneknya (Aan Iroh) lahir di Garut, pada 4 Januari 1882. Dan menyisakan satu orang anak, yaitu Idah yang merupakan anak ketujuh yang kini berusia 91 tahun.

"Dari 11 anak nenek, hanya tinggal satu orang yang hidup, namanya Idah. Sementara cucunya berjumlah 25 orang, cicit mencapai 59 dan bao (sebutan anak cicit dalam bahasa sunda) serta udeg-udeg (sebutan anak bao dalam bahasa sunda) yang sulit dihitung," ungkapnya.

Dede menerangkan, saat ini nenek yang sebatang kara tinggal bersamanya dalam kondisi sehat namun sudah sulit melihat dan mendengar. Tapi selain itu, kondisinya sehat dan tak pernah ada keluhan apapun.

"Nenek masih sanggup berjalan sendiri ke kamar mandi untuk mandi, moyan (berjemur) dan wudhu sebelum shalat. Ia pun bahkan masih lancar bicara dan mengingat anak dan cucunya," katanya.

Benarkah Aan Iroh berumur 131 tahun hingga kini baru pihak sanak saudara dan kalangan warga sekitar saja yang bisa membuktikan. Padahal jika benar berusia setua itu, Aan Iroh bisa dinobatkan jadi wanita tertua dunia. 

Sebelumnya, wanita tertua di dunia disebut berasal dari Jepang, bernama Shigechiyo Izumi yang lahir pada 29 Juni 1865 dan meninggal pada 21 Februari 1986 yang artinya, ia berusia 120 tahun 237 hari. Dan selanjutnya ada Jeanne Calment, wanita berkebangsaan Prancis berusia 122 tahun 164 hari.

(Fit/Igw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.