Sukses

10 Bahan Alami Pemutih Kulit yang Bisa Dicoba

Untuk mencerahkan dan memutihkan kulit dapat memanfaatkan bahan-bahan alami di rumah seperti pisang, pepaya, air lemon, kentang dan teh.

Untuk mencerahkan dan memutihkan kulit tidak perlu repot-repot keluar biaya mahal ke salon. Perawatan ini dapat dilakukan sendiri dengan bahan alami, coba yuk!

Dikutip dari Healthmeup, Rabu (11/12/2013) berikut bahan-bahan alami yang dapat mencerahkan dan memutihkan kulit, yaitu:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 11 halaman



1. Air Lemon

Jika beberapa produk kosmetik menjanjikan kulit bercahaya dan sehat, air lemon pun demikian. Selain itu air lemon mampu mengurangi penuaan, komedo dan keriput.

Lemon berperan sebagai bahan pemutih alami karena mengandung C, keasamaan dalam lemon membantu proses pemutihan kulit.

Selain lemon, buah-buahan yang mengandung vitamin C dapat membantu memutihkan dan mencerahkan kulit, seperti buah kiwi, stroberi, ceri, tomat atau jeruk.

Buah-buahan tersebut membantu menjaga kulit utuh dan juga meningkatkan produksi kolagen berfungsi membantu dalam pertumbuhan sel baru.
3 dari 11 halaman



2. Kentang

Iris kentang kemudian buat pijatan ringan dengan irisan tersebut. Hal ini bermanfaat untuk menghapus tanda merah atau noda serta mencerahkan warna kulit.
4 dari 11 halaman



3. Teh

Penelitian di Amerika Serikat menunjukan teh memiliki kandungan polifenol yang merupakan antioksidan yang kuat sehingga mampu menurunkan peroksida (penyebab kulit terbakar dan kasar).
5 dari 11 halaman



4. Cokelat Hitam

Makan cokelat hitam beberapa batang dapat membantu mendongkrak tekstur kulit lembut dan ketahanan UV. Polifenol kakao dan flavonoid dalam cokelat adalah antioksidan yang luar biasa membantu dalam pemutihan kulit .
6 dari 11 halaman


5. Buah atau Sayur Bewarna Merah dan Kuning

Makanan ini kaya akan fitokimia dan karoten, yang membantu dalam anti oksidasi sehingga membangun daya tahan kulit seperti wortel, mangga dan labu.
7 dari 11 halaman


6. Kedelai

Kedelai menjadi makanan alami terbaik untuk anti penuaan sebagai tindakan isoflavon dan phytoestrogen yang melawan penuaan. Selain itu, antioksidan yang ada di dalamnya membantu mempertahankan lusture kulit.

Untuk kulit putih dapat mulai mengonsumsi tahu atau susu kedelai.
8 dari 11 halaman


7. Pepaya

Buah ini kaya akan antioksidan dan mengandung enzim khusus yang disebut papain. Enzim ini dapat membunuh sel-sel mati dan menyingkirkan kotoran kulit.
9 dari 11 halaman



8. Tomat

Tomat membantu menangakal sinar matahari, selain itu dapat mengurangi jerawat dan membantu menyembuhkan kulit terbakar.
10 dari 11 halaman


9. Pisang

Pisang kaya akan vitamin A, B dan E dan bermanfaat sebagai anti penuaan.
11 dari 11 halaman



10. Almond dan Madu

Campuran kedua bahan ini membantu melembapkan kulit. Gunakan sebagai masker dengan menambahkan sedikit susu, satu sendok madu, satu sendok jus lemon, dan satu sendok minyak almond. Biarkan mengering di wajah selama 15 menit dan kemudian bersihkan.

(Mia/Igw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.