Sukses

Bercinta Cuma Bakar 4 kalori per Menit, Jadi Tetaplah Jogging

Peneliti dari University of Quebec justru mengatakan bahwa bercinta hanya membakar sekitar 4 kalori per menit.

Bila sebelumnya ada penelitian yang menyebutan bahwa bercinta dapat membuang 40 kalori per menit, peneliti dari University of Quebec justru mengatakan bahwa bercinta hanya membakar sekitar 4 kalori per menit.

Seperti ditulis Everydayhealth, Senin (9/12/2013), peneliti dari University of Quebec merekrut 21 pasangan muda dan meneliti detak jantungnya. Para peneliti kemudian mengukur berapa berat kegiatan bercinta yang setara dengan metabolisme. 

"Duduk diam itu 1-MET (Metabolic Equivalent of Task). 1 MET itu adalah rasio tingkat metabolisme bekerja. Sementara sesi bercinta itu berkisar 10-57 menit termasuk foreplay," tulis peneliti.

Peneliti menemukan bahwa seks memang memenuhi syarat sebagai 'olahraga' karena  dihitung sebagai pembakar kalori untuk pria sebesar 6 MET dan 5,6 MET untuk wanita. "Dengan kata lain, pasangan yang bercinta membuang sekitar 4 kalori per menit".

Maka itu, peneliti mengungkapkan kalau joging masih dianggap latihan yang terbaik karena jogging menghabiskan lebih banyak kalori dibandingkan bercinta. "Jogging itu 8,5 MET, jadi tetap jogging di pagi hari akan membuat Anda lebih sehat".

(Fit/Igw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini