Sukses

Kalau Wanita `Puber Kedua` Apa Tandanya?

Rupanya yang mengalami puber kedua itu tak cuma pria. Wanita juga bisa. Apa bedanya?

Meski dalam dunia medis tidak ada sebutan puber kedua, tapi secara psikis bisa juga sebutan itu dilayangkan pada pria setengah baya yang mulai gemar mencari-carai wanita idaman lain. Masa yang dikenal dengan pembuktian diri ini juga dialami wanita. Apa bedanya puber kedua pada wanita dan pria?

Menurut Psikolog Klinis Rosdiana Setyaningrum, M. Psi., MHPEd, pembuktian diri tiap orang berbeda-beda. Namun, karena pria pemikirannya lebih kepada seks biasanya pembuktian dirinya banyak berhubungan dengan wanita.

"Nggak semua orang yang puber itu affair (selingkuh). Ada yang cuma bergaya ingin beli Ducati," kata wanita yang disapa Diana saat dihubungi Liputan6.com, Jumat (6/12/2013).

Diana menjelaskan, ketika pria mengalami masa `puber kedua` ia bisa melakukan pembuktian diri yang belum terbayar di masa lalunya. Misalnya ingin memiliki perut yang rata atau memiliki mobil yang diimpi-impikannya tanpa harus berhubungan dengan perselingkuhan. Namun, ada juga pria yang melakukan pembuktian diri melalui berhubungan dengan wanita muda.

Sementara untuk wanita, lanjut Diana, masa pembuktian diri bisa seperti ingin tampil semenarik mungkin. "Bisa saja total fisik, dengan botok, suntik, operasi payudara. Dia nggak berniat menarik secara seksual tapi dia senang kalau dibilang cantik," kata Diana.

Sementara Pakar Andrologi dan Seksologi, Prof. DR. Dr. Wimpie Pangkahila, SpAnd, FAACS, menjelaskan, wanita bisa juga menjalin hubungan dengan pria lain meski sudah menikah dan usianya sudah tak muda lagi. Ini bisa karena ada kejenuhan di dalam hubungan.

"Perempuan jangan dikira ngga begitu. Perempuan bisa merasa jenuh sama pasangannya. Apalagi kalau mengalami masalah seks. Karena semakin terungkap perempuan bisa selingkuh. Istri juga bisa selingkuh," kata Dr Wimpie.

(Mel/*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.