Sukses

Kondom Juga Bisa Pecah, Ini Penyebabnya!

Kondom berbahan dasar lateks atau poliuretan terkadang juga dapat bocor atau pecah dikarenakan penyimpanan dan penggunaannya yang salah.

Alat kontrasepsi memiliki banyak jenis, salah satunya kondom. Walaupun tidak 100 persen, kondom dipilih untuk membantu mencegah kehamilan dan menghindari penularan HIV/AIDS (Human Immunodeficiency Virus Infection/Acquired Immunodeficiency Syndrome) dan Infeksi Menular Seksual (IMS).

Kondom yang berbahan dasar lateks atau poliuretan terkadang juga dapat bocor atau pecah. Dikutip dari Webmd, Jumat (6/12/2013) ada beberapa alasan mengapa kondom bisa pecah atau bocor, yaitu:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman



1. Terlalu tua atau Lama Penyimpannanya

Di pembungkus kondom yang saat ini dipasarkan sudah memiliki tanggal kadaluarsa. Perhatikan label sebelum membelinya.
3 dari 7 halaman



2. Penyimpanan yang Salah

Kondom lateks dapat rusak atau mudah bocor bila terkena panas atau cahaya. Jadi kondom tidak dianjurkan disimpan di dalam laci mobil atau dompet.
4 dari 7 halaman



3. Kurangnya Pelumas

Pelumasan tambahan diperlukan saat seks dubur. Pelumasan yang kurang dapat membuat gesekan yang merusak kondom. Untuk seks vaginal juga terkadang membutuhkan pleumas. Pilih pelumas yang berbahan dasar air seperti KY jelly.
5 dari 7 halaman



4. Pemakaian Pelumas yang Salah

Hindari pelumas yang mengandung minyak seperti Vaseline , minyak bayi, dan minyak sayur. Bahan tersebut dapat melemahkan karet atau lateks sehingga kondom mudah bocor.
6 dari 7 halaman



5. Ukuran Terlalu Kecil

Kondom yang ukurannya terlalu sempit dapat mengalangi kenyamanan pemakainya. Coba ukuran yang lebih besar, jangan yang ketat.
7 dari 7 halaman



6. Salah Pemakaian

Memakai kondom saat Mr. P berereksi sehingga tahu ukurannya, terlalu besar atau sempit, karena mempengaruhi fungsinya.

(Mia/Abd)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.