Sukses

VCT at Work Lindungi Pekerja di Indonesia

VCT at work merupakan salah satu upaya kemudahan akses layanan tes HIV secara sukarela yang disertai dengan prakonseling dan pascakonseling.

Puncak acara Hari AIDS Sedunia 2013 diselenggarakan meriah di Balai Samudera, Kelapa Gading, Jakarta Utara, Selasa (3/12/2013). Acara yang dikemas menarik ini melibatkan 1.000 orang peserta dari berbagai kalangan.

"Acara puncak HAS 2013 ini sedikitnya melibatkan 1.000 orang peserta, perwakilan dari Kementerian/lembaga, organisasi masyarakat sipil, populasi berisiko tinggi, perusahaa swasta, pekerja, dan remaja," kata Ketua Indonesia Bussiness Coalition on AIDS (IBCA), Hamid Batubara.

Menurutnya, serangkaian kegiatan kampanye tentang HIV/AIDS menjadi komitmen bersama untuk upaya penanganan HIV dan AIDS di tahun-tahun mendatang.

HAS 2013 ini mengusung tema `Cegah HIV dan AIDS Lindungi Pekerja, Keluarga dan Bangsa` hal ini sejalan dengan ditunjukannya IBCA yang mewakili sektor swasta sebagai ketua pelaksana HAS di tingkat Nasional.

"Dengan tema tersebut kami mendukung adanya upaya penanganan HIV/AIDS di kalangan pekerja, menurut data Kementerian Ketenagakerjaan ada 140 juta pekerja dan prevelansi tertinggi yang mengidap HIV AIDS ada di sektor pekerja," katanya.

Melihat hal tersebut, International Labour Organization (ILO) dan UNAIDS bekerja sama dengan Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi, serta Kementerian Kesehatan meluncurkan program 'VCT at Work'.

"VCT at work ini merupakan salah satu upaya kemudahan akses layanan tes HIV secara sukarela yang disertai dengan prakonseling dan pascakonseling. Sehingga siapapun yang terdeteksi HIV Positif dapat lebih cepat mengakses pelayanan, dukungan, dan pengobatan," kata Hamid.

Hamid berharap akses layanan Voluntary Counseling and Testing HIV at Work (VCT at work) dapat mendorong terciptanya dunia kerja yang bebas stigma dan diskriminaai terhadap pekerja yang hidup dengan HIV.

(Mia//*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini