Sukses

Dari Mana Ibu Rumah Tangga Kena HIV? Dari Suami yang Suka `Jajan`

Tinggal di rumah dan merawat anak dengan baik. Tapi kenapa ada ibu rumah tangga yang kena HIV? Ini karena suami yang suka 'jajan'.

Tinggal di rumah dan merawat anak dengan baik. Tapi kenapa ada ibu rumah tangga yang kena HIV? Usut punya usut, sang ibu kena HIV (Human immunodeficiency virus) karena suami yang suka 'jajan'.

Tidak tanggung-tanggung, jumlah ibu rumah tangga yang kena HIV karena ulah suami ini mencapai 5.353 orang. Angka itu berdasarkan laporan Dinkes Provinsi DKI Jakarta sampai dengan 30 September 2013.

Jumlah ibu rumah tangga yang kena HIV ini masuk dalam bagian jumlah pengidap HIV yang secara kumulatif dilaporkan sebanyak 118.787 orang. Sedangkan penderita yang kumulatif AIDS di Indonesia tercatat 45.650 orang.

"Pengetahuan dan pemahaman yang memadai bagi para ibu akan kesehatan seksual dan reproduksi sangatlah penting untuk pencegahan HIV/AIDS di kalangan generasi masa depan," kata Ketua Persatuan Anggota Muda Obstetri dan Ginekologi (PAOGI), Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, Dr. Rizki Azenda,Minggu (1/12/2013).

Menurutnya ibu dapat menjadi sumber informasi terbaik untuk anak-anak mereka, selain itu untuk mencegah anaknya menderita hiv melalui penularan air susu.

Salah satu Orang Dengan HIV AIDS (ODHA), Nurdiyanto mengatakan sebenarnya bukan hanya generasi muda saja yang butuh informasi, orangtua khususnya ibu juga perlu.

"Disayangkan sekali para ibu rumah tangga masih banyak yang tidak tahu informasi tentang HIV mungkin yang suaminya suka 'jajan' di luar dan membawa penyakit ke istri maka itu berisiko apalagi mereka memang tidak tahu apa yang harus dilakukan untuk mencegahnya," kata pria yang lebih suka dipanggil Anthonio ini.

Untuk itu Durex dan PAOGI mengampanyekan lindungi ibu dari HIV/AIDS untuk menyelamatkan generasi penerus.

"Sebagai brand yang mengedepankan kesejahteraan seksual, kami merasa wajib untuk memberikan edukasi kepada masyarakat dalam upaya menekan angka infeksi HIV di Indonesia. Masyarakat saat ini haruslah memiliki pemahaman yang benar, dan mampu melindungi diri mereka dari risiko penyebaran HIV/AIDS. Kami bermitra dengan PAOGI," kata General Manager Reckity Benckiser, Ratanjit Das. (Mia/Igw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini