Sukses

Jangan Takut Tes HIV!

Jangan takut tes HIV. Hal ini sebagai upaya pendeteksian dini sehingga tahu apa yang harus dilakukan.

Salah satu upaya pencegahan terkait penyakit HIV/AIDS yakni melakukan pemeriksaan penyakit ini. Untuk itu Komisi Penanggulangan AIDS Provinsi DKI Jakarta dalam memperingati Hari AIDS membuka gerai tes HIV/AIDS secara cuma-cuma alias gratis di Bunderan HI, Jakarta, Minggu (1/12/2013).

Menurut Wakil Gubernur Jakarta, Basuki Tjahja Purnama dalam sambutannya menghimbau masyarakat agar tidak takut melakukan tes ini.

Berdasarkan laporan Dinkes Provinsi, sampai dengan 30 September 2013 secara kumulatif AIDS di Indonesia tercatat 45.650 orang.

Sementara jumlah pengidap HIV secara kumulatif dilaporkan sebanyak 118.787 orang. Kelompok umur terbanyak pengidap HIV dilaporkan pada kelompok 25-49 tahun (72,8%) diikuti kelompok umur 20-24 tahun (15%).

"Sangat penting kita ramai-ramai melakukan tes ini, jangan takut. Hal ini sebagai upaya pendeteksian dini sehingga tahu apa yang harus dilakukan maka itu penting sekali untuk mengetahui dan paham tentang pengetahuan terkait penyakit dan penularan HIV/AIDs," kata Ahok.

Hal serupa juga dikatakan salah satu penderita HIV positif, Nurdiyanto menurutnya masyarakat itu perlu tahu sejak dini tentang penyakit HIV.

"Tidak usah takut melakukan tes HIV, justru semakin awal mengetahui risikonya maka semakin mudah juga upaya penaganan dan pengobatannya," kata pria yang lebih suka dipanggil Anthonio ini saat diwawancarai Liputan6.com, Minggu (1/12/2013).

Kabid Dukungan dan Layanan Komisi Penanggulangan AIDS Provinsi DKI Jakarta Maya Trisiswati mengatakan dalam tes virus hanya mengambil sampel darah kemudian diperiksa dan diberitahukan hasilnya.

"Pengambilan darah dengan surat persetujuan orang tersebut baru sampel darah diambil. Setelah itu ada konseling post tes. Yang hasilnya negatif akan diminta periksa 3 bulan lagi. Dari situ nanti ada lanjutannya," kata Maya menjelaskan.

Maya menambahkan hanya butuh waktu 30 menit untuk mengetahui hasil pemeriksaannya. "Cuma butuh 30 menit saja, dari tadi pagi sudah terlihat antusias generasi muda melakukan pemeriksaan ini," kata Maya. (Mia/Igw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.