Sukses

Tips Pilih Aromaterapi yang Tepat Sesuai Ruangan

"Setiap aroma itu punya efek ke badan yang berbeda-beda, jadi pemilihannya juga harus tepat disesuaikan dengan kondisi tubuh dan perasaan."

Stres setelah seharian beraktivitas di luar rumah dapat diatasi dengan penggunaan aromaterapi di rumah agar pikiran lebih santai dan tenang. Namun pemilihan wewangian aromaterapi tidak bisa dilakukan sembarangan.

Menurut Aromaterapis, Evita Zoraya setiap aroma punya efek yang berbeda-beda. "Setiap aroma itu punya efek ke badan yang berbeda-beda, jadi pemilihannya juga harus tepat disesuaikan dengan kondisi tubuh dan perasaan," kata Evita dalam kelas Angelic Therapy di PermatBank Namaste Festival, Sabtu (30/11/2013).

Berikut ini Evita berbagi tips penggunaaan aromaterapi disesuaikan dengan ruangan yang ada di rumah, yaitu:

1. Kamar Tidur

Ruangan ini lebih banyak dicari orang setelah lelah seharian beraktivitas. Dalam hal ini perlu aromaterapi yang dapat meningkatkan mood tenang dan santai. Aromaterapi floral seperti mawar dan Lavender cocok untuk digunakan dalam kamar tidur karena efeknya yang menenangkan.

"Kalau untuk meningkatkan energi penggunaan aromaterapi dilakukan pada pagi hari kalau tujuannya ingin menenangkan pikiran pakai saat ingin mau tidur," kata Evita.

2. Ruang Tamu

Gunakan aromaterapi yang memiliki efek kehangatan dan bersahabat seperti campuran kayu manis, jeruk dan sedikit rosemary.

3. Ruang Keluarga

Menurut Evita pilih aroma yang membuat betah para keluarga agar perbincangan lebih terbuka dengan suasana lebih enak kekeluargaan. Dapat dipilih aromaterapi Grapefruit, Geranium dan Rosemary.

4. Dapur & Ruang Makan

Semua aroma berkumpul dalam ruangan ini mulai dari bau masakan, bumbu dapur dan asap ata bau gas dari kompor. Untuk itu diperlukan aromaterapi yang punya efek deodorizer.

"Aromaterapi ini yaitu aroma yang berfungsi 'menyerap' dan menghilangkan bebauan kurang sedap. Pilih aroma Spearmint dan Maychang (berbentuk seperti batang sereh/lemongrass)," katanya.

(Mia/Mel)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.